Semarakkan Pekan Budaya Banua 2024, Pemprov Kalsel Buka Ruang Sinema Kebudayaan

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan membuka Ruang Sinema Kebudayaan dalam menyemarakkan Pekan Budaya Banua 2024 mulai 21 hingga 25 Oktober 2024 di Lapangan Murdjani, Banjarbaru.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammadun melalui Kepala Bidang Kebudayaan menuturkan ruang sinema memberikan wadah untuk masyarakat yang berkunjung di Pekan Budaya Banua 2024 mengenal berbagai film buatan Banua.

“Kami ingin mengajak masyarakat untuk mengenal berbagai film banua yang mengangkat berbagai kisah seperti kisah sejarah perang banjar hingga drama yang diperankan oleh orang kita sendiri,” ucapnya, Banjarbaru, Rabu (23/10/2024).

Dirinya menerangkan, Ruang Sinema Kebudayaan ini tidak hanya memperluas ruang ekshibisi film. Akan tetapi, juga memantik dialog soal film hingga budaya bagi masyarakat yang menonton film – film yang telah disiapkan.

Lebih lanjut, Kepala Seksi Cagar Budaya dan Permuseuman, Arry Risfansyah menambahkan pada Ruang Sinema Kebudayaan Kali ini pihaknya menyediakan 5 Film dengan genre yang berbeda – beda dan dibagi per sesi.

“Kita akan memutarkan filn Gasim Kaminting Pidakan, Sasirangan Terakhir, Gasim Kulawarga Panting, Pangeran Antasari, dan Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari,” tuturnya.

Aryy mengungkapkan pihaknya sangat senang, karena antusias masyarakat yang sangat tinggi untuk menonton film – film buatan banua dilihat dari tingginya pengunjung selama tiga hari sejak dibukanya ruang sinema kebudayaan.

“Dengan pemutaran film ini menjadi upaya kami dalam mengenalkan sejarah dan kebudayaan kalimantan selatan melalui audio visual,” pungkasnya. MC Kalsel/usu.

Mungkin Anda Menyukai