Disbunnak dan PDHI Kalsel Sukses Gelar Vaksinasi Rabies Gratis

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi (Disbunnak) Kalsel berkolaborasi dengan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang Kalsel sukses melaksanakan vaksinasi rabies gratis dalam rangka pengendalian Rabies melalui peringatan Hari Rabies Sedunia/ World Rabies Day (WRD).

Kepala Disbunnak Provinsi Kalsel, Suparmi melalui Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Edi Santoso mengatakan, peringatan ini tidak hanya bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tetapi juga mengajak semua pihak untuk berperan aktif dalam upaya eliminasi rabies.

“Kegiatan yang dilaksanakan bersama PDHI Cabang Kalsel berupa vaksinasi rabies gratis, konsultasi kesehatan hewan serta pemberian obat cacing dan vitamin yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, mendorong vaksinasi rabies, melaksanakan edukasi tindakan pencegahan rabies dan membangun kerjasama dalam meningkatkan sinergi pengendalian rabies khususnya di Kalsel,” kata Edi di Banjarbaru, Rabu (23/10/2024).

Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat dan vaksinasi, diharapkan kasus rabies, baik pada manusia maupun hewan, dapat berkurang secara signifikan dan melalui upaya vaksinasi Kalsel berpeluang besar untuk mencapai target sebagai wilayah bebas rabies di masa mendatang, sesuai dengan program nasional eliminasi rabies 2030.

“Diharapkan menjadi titik balik bagi Kalsel dalam memerangi rabies, dengan mengedepankan kolaborasi, edukasi, dan aksi nyata untuk masyarakat yang lebih sehat dan aman dari ancaman rabies,” ujar Edi. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai