Kemenkes Poltekkes Banjarmasin Luluskan 341 Tenaga Kesehatan

Peran tenaga kesehatan dalam pembangunan daerah, khususnya di Kalimantan Selatan sangat penting bahkan menjadi aset berharga bagi daerah. Kehadiran tenaga kesehatan yang kompeten sangat krusial dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor diwakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Husnul Hatimah saat Wisuda ke 35 Program Diploma III dan Program Sarjana Terapan di Kementerian Kesehatan Poltekkes Banjarmasin yang diikuti 341 orang, di Banjarmasin, Selasa (15/10/2024).

“Pembangunan infrastruktur kesehatan tidak akan berarti tanpa didukung oleh sumber daya manusia yang berkualitas. Sehingga berkontribusi dan mengabdikan diri demi kemajuan kesehatan di Kalsel sangat dibutuhkan,” kata Husnul.

Selanjutnya, Husnul menyebut perlu disadari bahwa masih ada berbagai tantangan pembangunan di sektor kesehatan yang perlu dihadapi bersama di Kalsel. Disinilah peran sebagai tenaga kesehatan sangat dibutuhkan.

Sehingga, Husnul mengajak wisudawan untuk tidak ragu mengabdi di daerah-daerah yang masih kekurangan tenaga kesehatan.

Kemudian, mengingat pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kesehatan, diharapkan jangan pernah merasa puas dengan ilmu yang telah diperoleh saat ini.

“Teruslah belajar, ikuti pelatihan-pelatihan, dan jika memungkinkan, lanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dengan menjaga etika profesi dan nilai-nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas sebagai tenaga kesehatan,” ujar Husnul.

Menurut Husnul, profesi di bidang kesehatan bukan sekadar pekerjaan, melainkan panggilan jiwa untuk melayani sesama. Dalam menjalankan tugas, selalu utamakan kepentingan pasien dan masyarakat. Dengan menanamkan integritas, empati, dan profesionalisme.

“Setiap tindakan yang anda lakukan memiliki dampak langsung terhadap kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Hal ini penting untuk kita pahami bersama. Seorang tenaga kesehatan memiliki tanggung jawab besar dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan masyarakat,” harap Husnul. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai