HUT Ke-19 HIMPAUDI, Gubernur Kalsel Dorong Guru PAUD Tingkatkan Kualitas Pendidikan di Banua

Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Sahbirin Noor mengajak Himpunan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) Kalsel untuk terus bergerak, berjuang untuk membangun manusia Indonesia yang berkualitas dan turut mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang Dasar 1945.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor yang diwakili Asisten III Administrasi umum, Ahmad Bagiawan saat menghadiri HUT ke-19 dan Jambore III HIMPAUDI tahun 2024 di Banjarbaru, Sabtu (14/9/2024).

Sebagai salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan, semua pendidik PAUD harus memahami PAUD sebagai peletakan dasar bagi pertumbuhan dan perkembangan fisik, kecerdasan, sosial emosional, bahasa dan komunikasi bagi seorang anak.

“Ketika memulai masa kedewasaan ini, maka sudah selayaknya seluruh jajaran HIMPAUDI bisa melakukan yang lebih maksimal lagi dalam membinan tenaga kependidikan dan menyelenggarakan pendidikan bagi anak di usia dini,” kata Gia.

Gia menyampaikan, pada usia dini, anak belajar dari apa yang dilihat, didengar dan dirasakan. Karena itu, seorang pendidik, bukan hanya berperan mentransfer konsep ilmu saja, tetapi pembimbing bagi pembentukan perilaku, watak hingga karakter anak.

“​​Para pendidik harus menanamkan karakter melalui pembiasaan perilaku baik, yang akan diterapkan dalam setiap aktivitas anak. Karena teladan yang baik tentu akan membentuk landasan karakter yang baik pula bagi anak,” ujar Gia.

Selanjutnya, melalui tasyakuran HUT ke-19 dan Jambore ke-3 HIMPAUDI, seluruh pendidik PAUD dalam wadah HIMPAUDI kembali menguatkan komitmen untuk bersama-sama membangun organisasi ini, agar lebih meningkatkan kualitas peran dan tanggung jawab, dalam mengembangkan kompetensi para pendidik anak usia dini di masa yang akan datang.

“Kesadaran dimana porsi pendidikan usia dini ini ditekankan, benar-benar dipahami oleh seluruh pendidik. Karena di masa usia dini inilah, masa-masa emas bagi pembentukan karakter dan kebiasaan anak menuju masa-masa selanjutnya,” jelas Gia.

Kegiatan ini turut dihadiri Ketua TP PKK Provinsi Kalsel, Raudatul Jannah. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai