65 Siswa MTs Al Mawahib Berwisata Literasi ke Perpustakaan Palnam

Membawa sebanyak 65 peserta didik, MTs Al Mawahib melakukan wisata literasi ke Perpustakaan Palnam, di Jalan Ahmad Yani KM 06 Banjarmasin.

Selain berkunjung ke perpustakaan, mereka juga diajak untuk nonton bareng film Aluh Idud dan Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari, di ruang teater milik Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalsel.

Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani menyambut baik dan mengapresiasi tingginya antusiasme pelajar MTs Al Mawahib dalam berwisata literasi mengenal sosok pahlawan asli Banjar dan bagaimana perjuangan mereka.

“Alhamdulilah antusias mereka sangat tinggi, semoga semangat wisata literasi ke perpustakaan ini bisa terus dijaga dan di tingkatkan,” tuturnya, Banjarmasin, Sabtu (14/9/2024).

Bertepatan dengan diperingatinya Hari Kunjungan Perpustakaan pada tanggal 14 September ini, Nurliani mengungkapkan bahwa kunjungan masyrakat ke perpustakaan Palnam dan Piere Tendean penuh membeludak.

“Selain membaca buku, mereka juga memanfaatkan layanan gedung teater khususnya bagi pengunjunga Perpustakaan Palnam,” tukasnya.

Sementara itu seorang peserta didik MTs Al Mawahib, Muhammad Azahri mengapresiasi kegiatan Nonbar Aluh Idud salah tokoh pahlwang asal Kalsel yang sangat gigih dalam melawan penjajahan.

“Sosok Aluh Idud ini sangat menginspirasi saya, karena kegigihannya dalam melawan penjajahan dan memerdekakan tanah Banjar,” kata Azahri.

Dia juga terkesima dengan sosok Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari sebagai salah satu tokoh pahlawan masyarakat banjar yang juga memperjuangkan tegaknya agama Islam dimasa penjajahan.

“Saya sangat mengagumi Ustad Al Banjari karena perjuangannya dalam menegakkan ajaran agama Islam di tanah Banjar,” tuturnya

Sementara itu, Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani menyambut baik dan mengapresiasi tingginya antusiasme pelajar MTs Al Mawahib dalam berwisata literasi mengenal sosok pahlawan asli Banjar dan bagaimana perjuangan mereka.

“Alhamdulilah antusias mereka sangat tinggi, semoga semangat wisata literasi ke perpustakaan ini bisa terus dijaga dan di tingkatkan,” tukasnya. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai