Hampir Satu Dekade Kepemimpinan Gubernur Kalsel, BKD Raih Banyak Prestasi dan Kemajuan Inovasi Pelayanan Kepegawaian

Selama hampir satu dekade kepemimpinan Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor (Paman Birin) dan Ketua TP PKK Provinsi Kalsel, Raudatul Jannah (Acil Odah) sejak 2016-2024, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kalsel telah menunjukan kemajuan dalam pelayanan kepegawaian terutama melalui inovasi teknologi peningkatan kualitas pelayanan dan komitmen terhadap kepuasan pegawai.

Kepala BKD Kalsel, Dinansyah diwakili Sekretaris BKD Kalsel, Widarti menuturkan inovasi teknologi dan komitmen terhadap kepuasan pegawai tersebut menjadikan BKD Kalsel sebagai pelopor dalam pelayanan kepegawaian yang modern, efisien, dan responsif.

Melalui BKD, Paman Birin juga telah memberikan penghargaan kepada ASN melalui peningkatkan keahlian bagi ASN yang hendak memasuki purna tugas melalui program pembekalan keterampilan praktis (tramtis).

“Mulai 2016-2024 ada sebanyak 696 pegawai yang telah diberikan pembekalan tramtis oleh Paman Birin dan Acil Odah sebelum mereka memasuki masa purna tugas,” kata Widarti, Banjarbaru, Selasa (3/9/2024).

Widarti menambahkan, selama kepemimpinan Paman Birin BKD Kalsel juga telah banyak meraih prestasi baik di tingkat daerah, regional, dan pusat.

Adapun prestasi yang berhasil diraih BKD Kalsel selama 1 dekade kepemimpinan Paman Birin diantaranya yaitu Pengelola Kepegawaian Terbaik Tingkat Provinsi pada Kanreg 8 BKN, Akuntabilitas Kinerja Tahun 2019 dengan predikat nilai A tingkat Nasional, Penerapan Sistem Merit dalam penerapan manajemen ASN predikat Baik tahun 2020 tingkat nasional, Peringkat 1 Perencanaan Kebutuhan, Pelayanan Pengadaan, Kepangkatan dan Pensiun tahun 2021, Implementasi Manajemen ASN Terbaik, Terbaik 2 Dalam Penyelenggaraan Tata Kelola Manajemnen ASN sesuai NSPK, kemudian di tahun 2022 BKD Kalsel meraih peringkat 2 dalam Implementasi Manajemen ASN Terbaik, Peringkat 3 Implementasi Penerapan Kinerja, dan Penerapan SISTEM MERIT 2022 predikat Baik.

“Tidak hanya itu, pada 2023 BKD Kalsel kembali mencetak prestasi peringkat 1 Penerapan Pemanfaatan Data Sistem Informasi CAT, Peringkat 2 Pengembangan Kompetensi, Peringkat 3 Implementasi Penerapan Manajemen Kinerja, Peringkat 3 Perencanaan Kebutuhan dan Mutasi Kepegawaian, dan terbaik dalam ketegori Implementasi NSPK Manajemen ASN, Special Mention Komitmen Peningkatan Pelayanan Kepegawaian, Terbaik 1 Pengembangan Kompetensi Berbasis Sistem Informasi, Terbaïk 3 Implementasi Layanan Mutasi, dan Terbaik 3 Manajemen ASN sesuai dengan NSPK,” tuturnya.

Segudang raihan prestasi tersebut menjadi motivasi BKD Kalsel untuk terus menguatkan komitmen dalam memberikan pelayanan kepegawian yang lebih baik dan optimal.

“BKD Kalsel terus berkomitmen untuk meningkatkan kompetensi pegawai kami melalui pelatihan berkelanjutan dan kerjasama dengan lembaga pelatihan profesional dalam rangka mewujudkan pelayana kepegawaian yang lebih baik dan juga optimal,” tukasnya. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai