Optimalkan Peningkatan Literasi, Dispersip Kalsel Terus Berkomitmen Berikan Pelayanan Terbaik bagi Pemustaka

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalsel terus berkomitmen memberikan pelayanan yang optimal guna meningkatkan literasi di kalangan masyarakat setempat.

Kepala Dispersip Kalsel diwakili Plt. Sekretaris Dispersip Kalsel, Adethia Hailina mengatakan, untuk mencapai tujuan tersebut pihaknya telah melakukan berbagai inovasi Pemustaka yang mengunjungi Perpustakaan Provinsi Kalsel kini dapat menikmati pelayanan yang lebih baik dibandingkan sebelumnya.

“Kami terus menambah koleksi buku, meningkatkan fasilitas, serta memberikan konsultasi untuk memastikan kebutuhan literasi terpenuhi,” kata Adethia, Senin (2/9/2024).

Dia menambahkan bahwa pihaknya juga memiliki program mobil perpustakaan keliling yang tetap berjalan aktif sesuai dengan jadwal tahunan.

Program ini, lanjutnya, mencakup kunjungan ke perpustakaan sekolah, rumah tahanan (Rutan), dan tempat ibadah.

“Tidak ada biaya yang dikenakan untuk program ini, sehingga memberikan akses yang mudah bagi masyarakat untuk menikmati layanan perpustakaan di berbagai lokasi, terutama di Banjarmasin,” jelasnya.

Lebih jauh Adethia mengungkapkan, pihaknya juga tidak mengalami kendala innternal yang signifikan, hanya saja banyak tantangan dari luar terutama dalam mengubah mindset masyarakat terhadap pentingnya literasi.

“Menyadarkan masyarakat untuk lebih mencintai dan mengapresiasi buku memang tidak mudah,” bebernya.

Untuk itu, Perpustakaan Provinsi Kalsel terus mengembangkan program-program inovatif dan menarik, serta menjalin kerjasama dengan berbagai pihak terkait untuk mengedukasi masyarakat akan manfaat membaca.

“Diharapkan dengan upaya-upaya ini, literasi di kalangan masyarakat Kalsel dapat terus meningkat, mendukung kemajuan pengetahuan dan informasi di daerah tersebut,” tukasnya. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai