Dinaskop dan UKM Kalsel Latih Wirausaha Pemula di Batola

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Selatan, Gusti Yanuar Noor Rifai membuka kegiatan Pelatihan Teknis Olahan Makanan bagi Wirausaha Pemula di kantor Desa Batik Kecamatan Bakumpai Kabupaten Barito Kuala (Batola), Senin (2/9/2024).

“Pelatihan ini kita harapkan akan dapat menggali pengetahuan tentang pemahaman berbagai aspek kewirausahaan seperti legalitas bentuk usaha, membangun motivasi sukses, dan lainnya,” sebut Yanuar didampingi Kepala Balai Pelatihan Koperasi Kalsel, Lanang Budi Wibowo. 

30 warga Desa Batik ini akan mengikuti pelatihan selama lima hari, tanggal 2 hingga 5 September 2024, dengan mengikuti seluruh materi yang disampaikan oleh instruktur maupun fasilitator yang berasal dari Pejabat Struktural Dinas Koperasi dan UKM Kalsel, Widyaiswara dan Praktisi Olahan Makanan.

Hasil dari pelatihan ini pula diharapkan dapat menumbuhkan kreativitas dan inovasi produk maupun usaha serta kebijakan pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kalsel Babussalam.

“Kita juga memberikan pemahaman proses produksi yang meliputi cara produksi pangan olahan yang baik dan keamanan pangan, bahan tambahan pangan dan penggunaannya, serta pengolahan produk untuk teknis pengolahan makanan,” lanjutnya.

Pemahaman lainnya juga disampaikan tentang penetapan Harga Pokok Penjualan (HPP) dan Pengelolaan Modal, pemahaman tentang pelabelan dan pengemasan produk serta pemasaran produk UKM.

“Setelah selesai mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan akan memahami dan menanamkan jiwa wirausaha untuk menunjang keberhasilan UMKM dalam menjalankan usahanya, serta mampu mengelola manajemen usaha dan keuangan dari segi aspek proses produksi, penjualan, serta aspek pemasaran,” tutup Yanuar. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai