Lomba Jukung Tradisional Mantuil Resmi Dibuka

Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Sahbirin Noor diwakili Plt Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Kalsel Rusdi Hartono membuka secara resmi Lomba Jukung Tradisional Mantuil di bawah Jembatan Pulau Bromo, Kota Banjarmasin, Sabtu (24/8/2024).

Kegiatan lomba jukung dilaksanakan dalam rangka dalam rangkaian memperingati Harjad ke-74 Kalsel dan HUT ke-79 RI. Selain itu Lomba jukung diadakan merupakan bentuk kepedulian Gubernur Kalsel dan Ketua Tim Penggerak PKK Kalsel Raudathul Jannah terhadap generasi muda.

Rusdi Hartono mengatakan, lomba jukung tradisional Mantuil sebagai bentuk perhatian Gubernur Kalsel dan Ketua Tim PKK kepada masyarakat. 

“Kita saksikan bersama Lomba Jukung Tradisional Mantuil hari ini,” kata Rusdi yang juga sebagai Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kalsel.

Menurutnya, jukung merupakan ciri khas warga di Kalsel, dan sebagai moda transportasi yang memiliki nilai historis cukup tinggi. 

“Dahulu para pejuang kita berjuang memakai jukung ini,’ ujarnya

Untuk itu, Ia mengajak seluruh masyarakat selalu menjaga kelestarian sungai, tidak membuang sampah sembarangan, dan jangan memakai racun untuk mencari ikan. 

“Karena ini air untuk kehidupan anak cucu kita,” ungkapnya.

Ketua Panitia Pelaksana Supiani memastikan, pada lomba ini diikuti 64 tim dengan satu tim berjumlah 5 orang, yang berasal dari Tabunganen, Aluh-Aluh, Tanipah, Ulu Benteng, dan Kapuas (Kalteng).

“Terima kasih kepada Paman Birin dan Acil Odah yang telah membantu hingga terlaksananya acara Lomba Jukung Tradisional Mantui ini secara sukses dan lancar,” kata Supiani. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai