Pemprov Kalsel Pamerkan Beragam Kain Khas Nusantara

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Museum Lambung Mangkurat Provinsi Kalimantan Selatan menyeleggarakan Pameran Temporer ke-2 dengan memamerkan berbagai kain khas nusantara.

Kepala UPTD Museum Lambung Mangkurat Prov. Kalsel, M. Taufik Akbar menuturkan pameran temporer kali ini dalam menyemarakkan hari jadi provinsi kalimantan selatan ke 74 tahun dan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 79 tahun.

“Pameran ini sarana yang bernilai penting dan strategis untuk semakin memperkenalkan berbagai kain khas indonesia kepada masyarakat yang berkunjung,” ucapnya, Banjarbaru, Kamis (14/8/2024).

Ia menerangkan, kegiatan ini merupakan arahan Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor dalam melestarikan budaya di Indonesia khususnya budaya Kalimantan Selatan.

Pihaknya mengungkapkan setiap daerah di Indonesia mempunyai ciri khas masing-masing, seperti kain tradisional yang merupakan salah satu warisan dari leluhur yang mempunyai nilai budaya yang tinggi.

“Pameran temporer ini diselenggarakan di ruang kain yang berada di lingkungan Museum Lambung Mangkurat selama kurang lebih 30 hari,” terangnya.

Lebih lanjut, Pamong Budaya Banjar Museum Lambung Mangkurat Prov. Kalsel, Darmanto menambahkan Koleksi yang ditampilkan Merupakan kain khas Indonesia diantaranya Provinsi Jawa, Bali dan tentunya Kalimantan Selatan.

“Kami ingin memperkenalkan kembali kepada masyarakat budaya – budaya nasional khsusnya terurama kain nusantara,” tuturnya. MC Kalsel/usu.

Mungkin Anda Menyukai