Gubernur Kalsel Serahkan Penghargaan Satu Wasaka Award dan Pokja PKP Terbaik

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan memberikan penghargaan Satu Wasaka Award tahun 2024 kepada 3 Kabupaten/Kota se-Kalsel atas keberhasilan pemerintah daerah dalam menjalankan program pembangunan sanitasi dan air minum. 

Selain penghargaan satu Wasaka Pemprov Kalsel juga memberikan penghargaan Kelompok Kerja (Pokja) PKP terbaik kepada 5 kabupaten di Kalsel. 

Penyerahan penghargaan langsung diserahkan oleh Gubernur Kalsel Sahbirin Noor pada puncak perayaan Hari Jadi Ke-74 Provinsi Kalsel di Siring Nol Kilometer Banjarmasin, Rabu (14/8/2024).

Adapun penerima anugerah SATU WASAKA Award tahun 2024 yaitu Kota Banjarbaru, Kabupaten Tanah Laut dan Kabupaten Balangan. Sedangkan penerima penghargaan Pokja PKP yaitu Kota Banjarmasin, Kabupaten Banjar, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kabupaten Tabalong dan Kabupaten Tanah Bumbu. 

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor mengucapkan selamat kepada Kabupaten/Kota yang telah menerima penghargaan Satu Wasaka award tahun 2024. 

“Semoga penghargaan ini menjadi motivasi kita bersama untuk mewujudkan pembangunan daerah yang lebih baik khusus dalam penanganan sanitasi dan air minum,” kata Sahbirin Noor.

Menurutnya, penghargaan ini merupakan bukti nyata bahwa program pembangunan sanitasi dan air minum di Kalsel telah berhasil dilaksanakan dengan sukses oleh pemerintah daerah. 

“Selain memberikan manfaat bagi masyarakat dalam meningkatkan kualitas hidup mereka, pengembangan sanitasi dan air minum juga merupakan wujud nyata dari komitmen pemerintah daerah dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat,” ujarnya. 

Sementara itu, Angga Rinaldi Rizal perwakilan juri Satu Wasaka Award Tahun 2024 mengatakan Sanitasi Air Minum Tuntas Waja Sampai Kaputing Award merupakan penghargaan kepada Kabupaten/Kota dalam pembangunan sanutasi dan air minum oleh Provinsi Kalsel.

Sebagai upaya strategis yang dilakukan Provinsi untuk melaksanakan perannya dalam fasilitasi, koordinasi, advisory, advokasi, supervisi, sinkronisasi, monitoring, dan evaluasi sehingga perencanaan pembangunan sanitasi dan air minum yang telah disusun oleh Kabupaten/Kota dapat diimplementasikan secara terarah sesuai dengan prioritas daerah.

“Tujuan Satu Wasaka Award untuk mendorong Kabupaten/Kota meningkatkan akses sanitasi dan air minum, kedua mendorong Kabupaten/Kota menyiapkan aspek regulasi, kelembagaan, pendanaan, infrastruktur sanitasi dan air minum, ketiga melaksanakan fungsi Pokja PKP Provinsi dalam aspek advokasi, supervisi, sinkronisasi, monitoring dan evaluasi,” ujarnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai