Persiapan Kirab Kemerdekaan, Pemprov Kalsel dan Korem Tinjau Pembangunan Jalan Lintas Banjarbaru-Batulicin

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kalsel bersama Korem 101 Antasari melakukan peninjauan jalan lintas Banjarbaru – Batulicin.

Dalam peninjauan tersebut, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Kalimantan Selatan, Ahmad Solhan melalui Kepala Bidang Bina Marga, Azan Syaiful Muaz mengatakan, kunjungan ke jalan lintas Banjarbaru – Batulicin ini dalam rangka memastikan kesiapan lintasan yang akan menjadi rute pada kirab kemerdekaan tahun 2024 yang akan dilaksanakan pada 24 Agustus mendatang bersama Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor serta Forkopimda Kalsel.

”Kunjungan hari ini kita ingin memastikan pengerjaan jalan dengan melakukan percepatan pengaspalan. Saat ini dari sepanjang 104 km masih ada tertinggal sekitar 3 km yang sedang dilakukan pengaspalan,” kata Azan Jumat (26/7/2024).

Selain itu, Azan mengungkapkan bahwa masih ada dua jembatan panjang yang belum selesai yaitu jembatan kintamani 1 dan jembatan kintamani 2. Serta beberapa oprit Box Culvert yang belum tuntas, sehingga pada saat kirab akan melintasi jalan alternatif disampingnya.

”Kita usahakan tanggal 24 agustus nanti semua sudah diaspal. Kecuali pada oprit Box Culvert dalam kondisi material karena terkendala rutenya sangat panjang, jadi kita perlu manajemen di lapangan dalam pengangkut material dan musim kemarau yang masih terjadi hujan mengakibatkan kondisi jalan jadi sedikit terhambat karena becek,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Teretoria Korem 101/Antasari, Kolonel Inf Oo Sahrojat menilai, jalan Banjarbaru – Batulicin yang menjadi rute kirab kemerdekaan ke 5 ini sudah bisa dilintasi untuk pelaksanaan pada 24 Agustus mendatang.

”Dilihat masih ada waktu yang lumayan panjang, dengan adanya percepatan pengerjaan ini mungkin kalau bisa sudah sempurna, agar dalam pelaksanaan kirab nanti tidak menjadi kendala dalam rute tersebut,” ucapnya.

Selain itu, dalam mengantisipasi kendala pada motor peserta kirab, pihaknya akan menyiapkan bengkel berjalan yang berada dibelakang rombongan bikers.

”Kita rencanakan dengan menyiapkan bengkel mobile jika ada motor yang mogok atau ban bocor, serta ada 2 pitstop atau restarea,” katanya

Ia berharap, dengan target 10 ribu peserta yang ikut dengan waktu tempuh rata-rata 50 km perjam dan tembus 4 jam lebih, pelaksanaan kirab kemerdekaan ke 5 ini dapat menjadi pengalaman baru bagi para bikers dalam melintasi jalan Banjarbaru – Batulicin.

”Dengan pelaksanaan Kirab Merah Putih ini, kita pertama kali melintasi jalan baru ini sehingga menjadikan ini sebagai motivasi untuk kita semua bahwa dengan dibukanya jalan ini bisa memperpendek waktu dan jarak tempuh dari Banjarbaru ke Tanah Bumbu ataupun sebaliknya,” imbuhnya.

Adapun, Koordinator Biker Kirab Kemerdekaan, Eko Agus yang turut ikut dalam peninjauan mengajak para rekan-rekan bikersnya untuk ikut berpartisipasi pada kirab kemerdekaan ke 5 tahun 2024 ini.

”Nantinya sepanjang jalan yang kita lalui, kita akan melihat pemandangan yang indah. Untuk itu saya minta kepada para bikers rame-rame kita sukseskan kirab kemerdekaan ke lima ini dengan penuh semangat,” pungkasnya.

Untuk diketahui peninjauan jalan lintas Banjarbaru-Batulicin ini turut diikuti Sekretaris Dinas PUPR Kalsel, Andri Fadli, Kepala Seksi Jalan Handa Ferani, Kepala Seksi Pembinaan Teknis Jalan dan Jembatan, Dedi Hidayat, Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, Arinda Kartika Sari dan lainnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai