Hari Jadi Ke-74 Kalsel, Dislutkan Akan Bagikan 1.000 Kg Ikan

Kepala Dislutkan Kalsel, Rusdi Hartono. MC Kalsel/scw

Pada rangkaian Hari Jadi Ke 74 Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) akan melaksanakan Lomba Masak Serba Ikan dan Sosialisasi Gemarikan serta membagikan 1.000 kg ikan patin segar kepada masyarakat secara gratis.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Provinsi Kalsel, Rusdi Hartono menyampaikan kegiatan ini sudah menjadi agenda rutin tahunan yang sesuai dengan arahan Ketua TP PKK Kalsel, Raudatul Jannah.

“Dengan adanya kerja sama, sinergi, dan juga kolaborasi dengan TP PKK Kalsel, sehingga banyak kemanfaatan yang dapat diberikan terutama bagi masyarakat luas dalam hal pencegahan stunting serta lomba masak serba ikan ini sudah beberapa kali memperoleh prestasi juara ditingkat nasional,” kata Rusdi di Banjarbaru, Senin (22/7/2024).

Rusdi menyebutkan, nantinya akan tiga menu yang dilombakan yakni menu Keluarga, Menu Balita dan Kudapan. Selanjutnya, yang menjadi juara di tingkat provinsi akan melaju mengikuti lomba masak tingkat nasional.

Seyogyanya sesuai arahan ketua TP PKK Provinsi Kalsel, untuk menu yang dilombakan hendaknya menu-menu tersebut disosialisasikan lebih dimasifkan di kabupaten/kota.

“Ini untuk menambah keberagaman variasi menu makan sehat, kita juga telah upayakan dengan pembuatan buku cipta menu dan terus disosialisasikan agar masyarakat Kalsel dapat berinovasi masakan dengan menu ikan,” ujar Rusdi.

Disamping itu, untuk pembagian ikan patin segar sebanyak 1.000 kg juga diharapkan dapat meningkatkan angka konsumsi ikan dan lebih memasyarakatkan makan ikan di Kalsel.

“Kita mengharapkan partisipasi masyarakat agar dapat memeriahkan kegiatan tersebut yang dijadwalkan berlokasi di halaman kantor Gubernur pada 21 Agustus mendatang,” ucapnya. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai