Tingkatkan Pembangunan IKM, Pemprov Kalsel Lakukan Forum Kemitraan Sekaligus Promosi Aplikasi Jelita

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Perindustrian (Disperin) terus meningkatkan pertumbuhan para pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) daerah yang berdaya saing melalui pola kerjasama dan kemitraan.

“Maka dari itu, yang selalu diperhatikan dan menjadi sasaran adalah menciptakan kemitraan dalam rangka pengembangan terhadap sektor dan usaha ekonomi lokal, termasuk terhadap pengembangan usaha IKM,” kata Kepala Disperin Provinsi Kalsel, Abdul Rahim usai membuka Forum Komunikasi Kemitraan Usaha sekaligus Sosialisasi aplikasi Jendela Informasi Produk Industri Kalsel (Jelita), di Banjarmasin, Rabu (17/7/2024).

Rahim menjelaskan, pembangunan IKM masih belum berkembang secara optimal dari segi pembangunan jaringan usaha karena usaha ekonomi lokal masih bergerak dengan mengandalkan kemampuan sumber daya dan pola kerja masing masing.

“Sehingga potensi untuk membangun jaringan kemitraan dalam usaha harus berkembang dengan baik, terutama dalam rangka peningkatan produktifitas, perbaikan kualitas mutu dan nilai tambah serta perluasan pemasaran atas produk barang dan jasa yang dihasilkan, termasuk juga dalam hal manajemen usaha tenaga kerja dan teknologi,” ungkap Rahim.

Sementara itu, Kepala Bidang kerjasama, Pengawasan dan Promosi Investasi, Ahmadin mengatakan, pihaknya melakukan terobosan dengan melakukan aksi perubahan dengan aplikasi Jelita yang merupakan sistem informasi dalam menyajikan berbagai macam produk industri dari seluruh wilayah di Kalsel dan menjadi media promosi bagi IKM.

“Jadi aplikasi Jelita itu dapat membantu IKM untuk mempromosikan produknya sehingga dapat memperluas jangkauan pemasaran dan meningkatkan nilai penjualannya,” kata Ahmadin.

Diutarakan Ahmadin, selama ini kerjasama antara IKM kabupaten/kota sesama pemerintah terus berjalan dengan baik untuk menjalin informasi dalam menjalankan usahanya.

“Kami ingin sumber daya manusia industri itu memiliki pengetahuan dan keterampilan baru dalam kerja sama, menambah inovasi dan memiliki kemitraan yang lebih banyak,” tutur Ahmadin. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai