PPRSAR Mulia Satria Buka Program Rehabilitasi Sosial Angkatan VI Tahun 2024

Panti Perlindungan Rehabilitasi Sosial Anak dan Remaja (PPRSAR) Mulia Satria melaksanakan pembukaan program rehabilitasi sosial angkatan VI tahun 2024.

Dalam kesempatan tersebut, Plt Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Kalsel Muhammadun melalui Sekretaris Dinsos Provinsi Kalsel Murjani mengatakan bahwa rehabilitasi sosial bagi remaja yang dilaksanakan oleh PPRSAR Mulia Satria ini merupakan salah satu tugas pokok pemerintah yang diamanatkan oleh undang-undang dasar dalam rangka meningkatkan kesejahteraan bangsa.

“Kegiatan yang dilaksanakan oleh PPRSAR Mulia Satria ini bertujuan membentuk anak dan remaja yang mandiri serta berkepribadian dengan bekal keterampilan sosial, sehingga dapat tumbuh dan berkembang secara wajar. Mandiri dalam arti mampu memenuhi kebutuhan dan mampu melaksanakan tugas-tugas kehidupan sebagai makhluk individu, makhluk sosial dan makhluk tuhan,” kata Murjani, Banjarbaru, Selasa (16/7/2024).

Kepala PPRSAR Mulia Satria Sacik Kartikowati menyebutkan berdasarkan seleksi yang telah dilaksanakan pada bulan Mei dan Juni 2024 dari 13 Kabupaten/Kota se-Kalsel, ada 85 orang yang dinyatakan lulus untuk menjadi klien remaja serta 11 orang dinyatakan lulus untuk menjadi klien anak san semua sudah berhasor di PPRSAR Mulia Satria.

“Klien remaja jumlah laki-laki sebanyak 44 orang, per mpuan 41 orang. Sedangkan untuk klien anak laki-laki sebanyak 6 orang dan perempuan sebanyak 5 orang,” kata Sacik.

Adapun untuk klien anak jumlah 11 orang dengan rincian: Kab. Tala 1 orang (SD), Kota Banjarmasin 1 orang (SD), Kab. Barito Kuala 1 orang (SMA), Kab. Balangan 2 orang (SMA), Banjarbaru 2 orang (SD dan SMA), Kab. HSS 1 orang (SMP), Kab. Tabalong, 1 orang (SMP), Kab. Banjar 1 orang (SMA dan SMP).

Dari jumlah 86 calon klien remaja yang sudah datang ke PPRSAR Mulia Satria dari 13 Kab/kota se-Kalsel dengan rincian Kota Banjarmasin 2 Orang, Kota Banjarbaru 3 Orang, Kab. Banjar 11 Orang, Kab. Tapin 6 Orang, Kab. HSS 15 Orang, Kab. HST 7 Orang, Kab. HSU 8 Orang, Kab. Balangan, 11 Orang, Kab. Tabalong 7 Orang, Kab. Batola 5 Orang, Kab. Tala 6 Orang, Kab. Tanbu 4 Orang, Kab. Kotabaru 4 Orang.

Sedangkan menurut Jurusan adalah: Jurusan Komputer 12 Orang, Jurusan Menjahit 24 Orang, Jurusan Tata Rias 8 Orang, Jurusan Otomotif 10 Orang, Jurusan Bengkel Sepeda Motor 15 Orang, Jurusan Elektro/Service HP 5 Orang, Jurusan Meubelair Aluminium 3 Orang, Jurusan Barbershop 5 Orang, Jurusan Barista 7 Orang

“Sampai saat ini penerima manfaat sudah mengikuti kegiatan outbound, assessment, minat bakat, pelatihan kedisiplinan dari Rindam dan orientasi lembaga dan assessment kesehatan dan kebugaran,” ujarnya. MC Kalsel/Rns

Mungkin Anda Menyukai