DPKP Kalsel Gelar Rakor dan Sinkronisasi Perencanaan dan Penganggaran

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi Perencanaan dan Penganggaran Ketahanan Pangan tahun 2024 di Banjarmasin, Selasa (16/7/2024).

Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Badan Pangan Nasional yaitu Deputi I Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi Harga, Deputi II Bidang Kerawanan Pangan dan Gizi dan Deputi III Bidang Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan. 

Plh. Kepala Dinas PKP Provinsi Kalsel H. Imam Subarkah, mengatakan agar para pemangku kepentingan harus benar-benar melaksanakan program dan kebijakan yang berkaitan erat dengan Ketahanan Pangan agar indeks Ketahanan Pangan secara global bisa terus naik dan Ketahanan Pangan di daerah bisa diwujudkan.

“Jadi kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dalam penyusunan dokumen perencanaan yang terkait dengan program dan kegiatan ketahanan pangan baik untuk provinsi maupun kabupaten/kota,” kata Imam. 

Menurutnya, ketahanan pangan adalah suatu kondisi di mana semua masyarakat dapat dengan mudah mengakses sumber makanan yang cukup, aman, berkualitas, bergizi, dan sehat. 

“Ketahanan pangan merupakan kebutuhan dasar bagi setiap masyarakat dan memiliki peran penting dalam perekonomian suatu negara,” ujarnya.

Oleh sebab itu, penting bagi setiap daerah untuk mewujudkan ketahanan pangan secara mandiri agar masyarakat dapat menghadapi segala kemungkinan atau tantangan yang dapat mengancam ketersediaan pangan.

Upaya pembangunan ketahanan pangan di Kalsel harus diapresiasi dan didukung oleh seluruh masyarakat. 

“Implementasi program dan kebijakan yang memperkuat ketahanan pangan daerah merupakan suatu langkah penting yang dapat meningkatkan kemandirian pangan nasional,” kata Imam. 

Untuk diketahui acara tersebut turut dihadiri Kepala Bidang dan Kepala UPTD lingkup Dinas PKP Prov. Kalsel, Kepala Dinas lingkup Ketahanan Pangan Kab/Kota se-Kalimantan Selatan, pejabat yang menangani ketahanan pangan Kab/kota, pejabat yang menangani program/perencanaan lingkup Ketahanan Pangan Kab/Kota se-Kalimantan Selatan, BAPPEDA Prov. Kalsel dan BAPPEDA Kab/kota. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai