Pembangunan Gedung UPTD Lab Bahan Kontruksi Masuk Tahap Lelang

Rencana pembangunan gedung Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Laboraturium Bahan Kontruksi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Kalimantan Selatan masuk dalam tahap lelang di e-katalog.

Sebagai lembaga yang berperan penting dalam penyediaan jasa, Laboratorium Bahan Konstruksi termasuk dalam  pengaturan, pengendalian dan menjaga mutu kualitas bahan konstruksi yang terakreditasi.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR)  Kalsel, Ahmad Solhan melalui Kepala Bidang Cipta Karya, Yulianti Erlynah mengatakan, proyek pembangunan gedung UPTD LBK tersebut telah masuk di tahap pertama dan sekarang sedang proses lelang di e-Katalog.

“Saat ini sedang proses lelang, dan Insya Allah pembangunan akan dilakukan di tahun 2024 ini,” ucap Yulianti, Jumat (12/7/2024).

Ia menuturkan, lokasi penyusunan perencanaan pembangunan UPTD Laboratorium Bahan Konstruksi berada di Jalan Bina Praja Barat, kota Banjarbaru, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Kalimantan Selatan dengan titik koordinat : X=257900,93;Y=9614342,49 (BTS 1).

“Dengan luasan, gedung kantor LBK : 1.309,57 m2, gedung Lab :  649 m2 dan bangunan penunjang sekitar 246 m2, dan total  2.204,57 M2, dengan biaya anggaran Rp 15 Milyar,” ungkapnya.

Selain itu, pembangunan kantor yang baru ini disiapkan dengan mengikuti standar-standar tertentu yg berbeda dari bangunan kantor biasa guna mendukung LBK untuk terus meningkatkan layanan dan mempertahankan gelar akreditasinya.

“Bangunan kantor baru ini ada standar tertentu nantinya guna mendukung layanan LBK,” ujarnya. 

Sebagai informasi layanan yang ada pada Laboratorium Bahan Konstruksi meliputi, pertama, pengujian bahan bangunan yaitu melaksanakan pengujian bahan material seperti beton untuk konstruksi, bahan material untuk campuran aspal, desain campuran beton dan material lainnya yang berkaitan dengan bangunan gedung dan jalan.

Kedua, pengujian tanah dan batuan yaitu melaksanakan pengujian tanah dan material batuan yang berkaitan dengan daya dukung tanah untuk pondasi bangunan dan struktur jalan.

Saat ini, Laboratorium Bahan Konstruksi beralamat berada di Jalan Yos Sudarso No. 35 Kel. Telaga Biru Kec. Banjarmasin Barat Kota Banjarmasin RT. 34 RW. 02. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai