Momentum Turdes ke-10, BPBD Kalsel Sosialisasi Keluarga Tangguh Bencana

Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Provinsi Kalimantan Selatan turut ambil bagian dalam program Turun ke Desa (Turdes) ke-10 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Kalsel pada tanggal 1-6 Juli 2024 yang lalu dengan mendatangi seluruh kabupaten/kota di Kalsel.

Kepala BPBD Kalsel, R Suria Fadliansyah menyebutkan jika Turdes 10 yang mengusung tema ‘Turdes Menembus Batas ke-10 Bergerak Menuju Indonesia Emas’ ini sebagai momentum untuk bergerak bersama sekaligus mensosialisasikan program-program yang ada di BPBD.

“Kami BPBD bergerak bersama Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor bersinergi dengan PKK Provinsi Kalsel melakukan Turdes sekaligus sosialisasi tentang keluarga tangguh bencana sebagai salah satu untuk mendukung misi Gubernur Kalsel,” ujarnya usai mengikuti Turdes 10, Selasa (9/7/2024).

Ditambahkannya, langkah memperkuat ketahanan bencana, Ia juga menyampaikan jika ada tiga poin penting yang wajib dilakukan oleh masyarakat banua untuk mencegah atau menanggulangi ketika terjadi bencana.

Untuk keluarga tangguh bencana diharapkan kiranya dapat mempersiapkan, yang pertama harus menyimpan nomor penting dalam keadaan kondisi darurat.

Kedua, selalu menyiapkan tas siaga bencana yang di dalamnya terdiri dari beberapa alat-alat, obat-obatan, kemudian pakaian secukupnya, kemudian jika ada makanan secukupnya yang bisa bertahan minimal sekitar satu minggu dan uang juga di dalamnya. 

“Kemudian ketiga, keluarga tangguh bencana harus mengetahui titik kumpul jika terjadi keadaan tanggap darurat atau keadaan terjadi bencana,” tuturnya. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai