Gubernur Kalsel Raih Penghargaan Anugerah Merdeka Belajar 2024

Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor meraih penghargaan Anugerah Merdeka Belajar (AMB) 2024 sebagai apresiasi Pemerintah Pusat kepada pemerintah daerah yang berkomitmen dan membuat aksi nyata dalam melakukan peningkatan kualitas pendidikan.

Penghargaan diterima Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor atas keberhasilan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dalam Kategori Transformasi Sumber Daya Pendidikan dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudistek) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Ditjen PAUD Dikdasmen).

Penghargaan AMB 2024 ini diterima Gubernur Kalsel melalui Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muhammadun yang diwakilkan Kepala Bidang Pembinaan SMA, Daryatno.

Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor mengatakan capaian ini merupakan kerja semua pihak terkait dalam upaya meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan.

“Alhamdulilah. Terima kasih atas apresiasi Kemendikbudristek RI atas anugerah merdeka belajar ini. Kita siapkan generasi Banua yang tangguh menyongsong Indonesia Emas 2045,” ucapnya, Sabtu (6/7/2024).

Ia menuturkan, dirinya selalu menggelorakan akan pentingnya sinergi, kolaborasi dan langkah-langkah yang baik untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Banua melalui bidang pendidikan.

Untuk itu, penghargaan ini pun diharapkan menjadi motivasi dan inspirasi pemerintah kabupaten kota lain, agar bisa mendapatkan anugerah serupa.

“Karena pendidikan yang bermutu menjadi bagian integral dalam membangun SDM yang berkualitas dan berbudi pekerti luhur,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Anugerah Utama merupakan penghargaan paling bergengsi untuk pemerintah daerah dengan capaian tertinggi dari seluruh indikator yang telah ditetapkan.Tujuan penganugerahan AMB adalah memberikan penghargaan kepada pemerintah daerah yang telah mencapai peningkatan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Pendidikan serta mendorong peningkatan layanan pendidikan yang berkualitas melalui implementasi Kebijakan Merdeka Belajar di daerah.

Selain itu, apresiasi juga untuk meningkatkan partisipasi pemerintah daerah dalam pemenuhan SPM Pendidikan, dan mendorong pemerintah daerah untuk saling menginspirasi serta berbagi praktik baik dalam penyelenggaraan pendidikan dengan mengimplementasikan kebijakan Merdeka Belajar. MC Kalsel/usu/ARH

Mungkin Anda Menyukai