Hari Ketiga Turdes, Gubernur Kalsel Panen Bersama Warga Desa Gunung Besar

Hari ketiga Turun Ke Desa (Turdes) ke 10,  Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Sahbirin Noor melakukan panen bersama warga Desa Gunung Besar Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu, Rabu (3/7/2024). 

Adapun tanaman milik kelompok wanita tani desa wisma Berkah Ketahanan Pangan RT 3 yang dipanen yaitu berupa sayuran segar seperti sawi, terong, cabai, jagung, singkong, daun bawang dan buah pepaya denga luas lahan 1 hektare. Produk tanaman pangan ini nantinya akan dijual ke pasar tradisional.

Kepala Desa Gunung Besar, Suwito mengucapkan terima kasih atas kedatangan rombongan Gubernur Kalsel yang bisa menghadiri Hari Ulang Tahun Desa Gunung Besar ke 17 tahun. 

“Dengan kedatangan Gubernur Kalsel ini menjadi motivasi pihaknya untuk terus mengembangkan Desa Gunung Besar agar menjadi lebih kreatif dalam meningkatkan kesejahteraan warga melalui program ketahanan pangan,” kata Suwito.

Ia mengatakan program ketahanan pangan pada desa, sebagai upaya pihaknya untuk mengedukasi warganya agar lebih mandiri dalam mengelola ketahanan pangan di desa. 

“Kita ciptakan edukasi agar masyarakat lebih mandiri dalam mengelola ketahanan pangan khususnya untuk meningkatkan kesehatan,” ujarnya. 

Apalagi, menurutnya saat ini Kalsel telah ditetapkan menjadi penyanggah pangan IKN. 

“Mudah-mudahan desa gunung besar menjadi salah satu penyuplai produk Ketahan pangan untuk Kalsel dan IKN,” ungkapnya

Sementara itu, Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor sangat mengapresiasi pengembangan program ketahanan pangan pada Desa Gunung Besar untuk menjaga stabilisasi pasokan pangan untuk masyarakatnya. 

“Ini membuktikan bahwa program ketahanan pangan di desa ini dimanfaatkan dengan baik. Dan SDM nya sangat inovatif. Bahkan saya lihat tadi hasil panen produk ketahanan pangan cukup baik kualitasnya,” ujarnya. 

Kegiatan panen juga dirangkai dengan HUT desa ke 17 gunung besar, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai