Turdes Ke-10, Gubernur Kalsel Bagikan Berbagai Bantuan di Puskesmas Kurau

Usai dilepas di Kantor Setda Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) rombongan Turdes Ke 10 Gubernur Kalsel Sahbirin Noor dan Ketua TP PKK Provinsi Kalimantan Selatan, Raudatul Jannah tiba di puskesmas Kecamatan Kurau, Kabupaten Tanah Laut.

Setibanya rombongan langsung disambut antusias oleh masyarakat Kecamatan  Kurau. Pada kegiatan di puskesmas kurau Pemprov Kalsel membagikan berbagai bantuan. 

Adapun bantuan yang dibagikan yaitu, paket sembako, bantuan benih kopi, herbisida, pupuk NPK dan gamal seluas 10 hektare senilai Rp216.600.000, bantuan kandang sapi komumal senilai Rp235.000.000, bantuan bibit hijauan pakan ternak seluas 5 Ha senilai Rp54.070.000, bantuan Bumdes untuk ketahanan pangan ekonomi keluarga desa raden Kecamatan Kurau sebesar Rp45 juta, Bantuan Bumdes untuk ketahanan pangan ekonomi keluarga desa handil birayang Kecamatan Bumi Makmur sebesar Rp45 juta, bantuan logistik kesiapsiagaan bencana, bantuan sekolah, pembagian bendera merah putih, bantuan paket makanan tambahan bagi ibu hamil dan balita.

“Semoga bantuan yang diberikan bisa bermanfaat bagi masyarakat,” kata Sahbirin Noor, Senin (1/7/2024). 

Sementara itu, Pj Bupati Tanah Laut Syamsir Rahman mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan Pemprov Kalsel untuk masyarakat Kurau. 

“Kami ucapkan terimakasih atas bantuan yang telah diberikan. Ini sangat bermanfaat bagi kemajuan pembangunan di kabupaten tanah laut sehingga berdampak kepada kesejahteraan masyarakat,” kata Syamsir. 

Syamsir mengungkapkan Kabupaten Tanah Laut pada sektor pertanian telah mendapatkan bantuan dari Pemprov Kalsel Sebesar Rp80 miliar. 

“Bantuan ini diberikan berkat perjuangan masyarakat Tanah Laut dalam memajukan sektor pertanian,” ujarnya. 

Menurutnya, kabupaten tersebut memiliki hasil panen yang bagus dan petani sudah memanen padi lokal dan unggul. Dalam mendukung sektor pertanian, kepala desa di Kecamatan Kurau sepakat untuk tidak membuka tambang agar sektor pertanian dapat terus berkembang dan daerah tersebut dapat menjadi lumbung pangan Tanah Laut.

“Pemerintah Kabupaten Tanah Laut sendiri telah mengasuransikan sebanyak 23 ribu petani dan buruh, dimana santunan yang akan diterima sebesar 42 juta per orang. Usaha ini diharapkan dapat meningkatkan semangat para petani di daerah Tanah Laut,” pungkasnya.

Setelah ini, rombongan turdes lanjut menuju Kabupaten Tanah Bumbu untuk melakukan kegiatan selanjutnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai