Dukung Turdes ke-10, Disdukcapil Kalsel Akan Laksanakan Aktivasi IKD di Kabupaten/Kota

Kepala Disdukcapil Provinsi Kalsel, Zulkifli. MC Kalsel/Jml

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Diskdukcapil) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) siap mendukung kesuksesan gelaran Turun ke Desa (Turdes) menembus batas ke-10 bersama Paman Birin (Gubernur Kalsel) dan Acil Odah (Ketua TP PKK Kalsel).

Kepala Disdukcapil Kalsel, Zulkifli mengatakan pada pelaksanaan Turdes kali ini pihaknya bersama Disdukcapil kabupaten/kota akan melaksanakan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) sebagai salah satu rangkaian Turdes bersama Paman Birin dan Acil Odah.

“Ini merupakan komitmen Paman Birin dan Disduckapil Kalsel untuk memanfaatkan momen ini dalam rangka meningkatkan jumlah penduduk yang mengaktivasikan KTP nya menjadi digital,” kata Zulkifli, Banjarbaru, Selasa (25/6/2024).

Zulkifli mengungkapkan bahwa saat ini presentasi aktivasi IKD di Provinsi Kalsel masih sangat rendah atau dibawah 25 persen dari total jumlah penduduk Kalsel yang telah memiliki KTP.

Guna memastikan kelancaran pada saat pelaksanaan aktivasi, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Disdukcapil 13 kabupaten/kota untuk menyiapkan segela keperluan dan fasilitas perekeman IKD ini.

“Kami selalu berkoordinasi setiap saat dengan teman-teman di kabupaten/kota untuk menyiapkan fasilitas pendukung aktivasi IKD,” tuturnya.

Pelaksanaan aktivasi IKD sendiri akan di fokuskan pada titik-titik singgah rombongan Turdes Paman Birin dan Acil Odah.

“Akan kita fokuskan di satu titik setiap kabupaten/kota sesuai dengan titik singgah yang ditentukan oleh pantia pelaksana Turdes,” jelasnya.

Melalui momen Turdes bersama Paman Birin dan Acil Odah ini diharapkan dapat menjaring sebanyak mungkin masyarakat untuk melakukan aktivasi IKD.

“Target kita diatas 25 persen jumlah penduduk yang telah melukan aktivasi IKD ini. Semoga aksi jemput bola aktivasi IKD melalui momen Turdes ini dapat meningkatkan presentase perekaman IKD di Kalsel sesuai sengan target yang kita harapkan,” tukasnya. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai