Turdes Menembus Batas ke-10 Bergerak Menuju Indonesia Emas

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan kembali akan mendatangi masyarakat hingga ke pelosok-pelosok di 13 kabupaten/kota, kegiatan ini dinamakan Turun Ke Desa (Turdes) Episode 10, dengan tema ‘Turdes Menembus Batas ke-10 Bergerak Menuju Indonesia Emas’, kegiatan ini rencana dilaksanakan pada tanggal 6 sampai 12 Juli 2024.

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel, Roy Rizali Anwar mengatakan jika Turdes 10 ini merupakan program Pemprov Kalsel untuk mengunjungi, menyapa, menyerap aspirasi dari masyarakat di seluruh kabupaten kota.

“Kita akan mempersiapkan rute-rute yang akan dilalui pada Turdes kali ini, nantinya juga ada rute khusus yang  akan diikuti oleh komunitas trail dan vespa, termasuk juga kostum yang akan digunakan agar keseragaman serta persiapan lainnya,” ujar Roy saat memimpin rapat persiapan tersebut di ruang rapat Aberani Sulaiman Banjarbaru, Kamis (20/06/2024).

Ia juga memberikan kesempatan kepada Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel, Fatimatuzzahra sebagai instansi yang mengkoordinir turdes yang diikuti oleh ribuan peserta untuk menyampaikan terkait dengan rencana pelaksanaan dan segala persiapannya. 

“Kegiatan turdes ini rencananya tujuh hari dengan rute yang cukup panjang, sehingga pemberangkatan dimulai dari Mahligai Pancasila kota Banjarmasin usai salat subuh pada pukul 06.00 Wita, sekitar dua jam sebelumnya pemberangkatan bantuan oleh Dinas Sosial,” ujar Fatimatuzzahra.

Sedangkan registrasi oleh raider dari SKPD dan undangan akan dilalukan beberapa jam sebelum pelepasan, sedangkan untuk sarapan akan dilakukan di Desa Kurau Kabupaten Tanah Laut, sekitar satu jam setelah pelepasan di Mahligai Pancasila Banjarmasin.

Ia juga menyampaikan, kiranya semua SKPD untuk melaporkan seluruh bentuk kegiatan seperti peresmian ataupun pembagian bantuan yang akan dirangkaikan dalam turdes agar memastikan penyesuaian titik lokasi pemberhentian. 

“Selain titik berhenti resmi, kemungkinan nantinya ada lokasi tertentu di mana banyak masyarakat akan dilakukan pemberhentian, termasuk juga lokasi istirahat,” lanjutnya.

Seluruh rangkaian kegiatan seperti penanaman, pembagian bantuan, peresmian dan sebagainya akan dibuatkan rincian lebih detail daftarnya, terdiri dari tanggal waktu tempat dan penanggungjawabnya sehingga sepekan sebelumnya sudah jelas dan siap. 

Adapun rute Turdes 10 ini yakni dimulai dari Banjarmasin (Mahligai Pancasila), Tanah Laut, Tanah Bumbu, Kotabaru, Banjar, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Balangan, Tabalong, Hulu Sungai Utara, Tapin, Barito Kuala, dan Banjarbaru. 

“Melalui rapat persiapan ini pula kita minta kepada seluruh SKPD agar menyampaikan jumlah raider yang nantinya akan turut partisipasi,” ujar Fatimatuzzahra. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai