Perkenalkan Koleksi Museum, Pemprov Kalsel Selenggarakan Pameran Temporer

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan menyelenggarakan pameran temporer dengan memperkenalkan berbagai koleksi dari museum yang ada di Kalimantan Selatan mulai 20 hingga 25 Juni 2024 di halaman Museum Waja Sampai Kaputing (WASAKA), Kota Banjarmasin.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammadun melalui Kepala Bidang Kebudayaan, Raudati Hildayati mengatakan kegiatan ini menjadi salah satu wadah untuk masyarakat agar bisa mengenal berbagai koleksi sejarah Kalimantan Selatan.

“Selain mengenalkan, juga untuk mengembangkan pengetahuan serta nilai sejarah Kalsel,” ucapnya, di Banjarmasin, Kamis (20/6/2024).

Hilda menerangkan melalui kegiatan ini pihaknya bisa lebih mengenalkan, mempublikasikan dan mengkomunikasikan kepada generasi penerus bangsa untuk mengenalkan museum, bahwa museum tidak hanya tempat memajang benda bersejarah, tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk rekreasi. 

“Sehingga dengan mengunjungi museum kita tidak hanya dapat belajar, tetapi juga berinteraksi baik sesama pengunjung ataupun komunitas,” terangnya.

Dirinya pun berharap kegiatan ini bisa menghasilkan ide kreatif bagi masyarakat  agar seluruh bisa mengembangkan museum yang dapar bermanfaat yang lebih besar.

Sementara itu, Kepala Seksi Cagar Budaya dan Permuseuman, Arry Risfansyah menambahkan pameran kali ini pihaknya bekerja sama dengan Museum Kayuh Baimbai kota Banjarmasin, Museum Candi Agung dari Kabupaten Hulu Sungai Utara, Museum Rakyat Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Museum Makam Sultan Suriansyah dan Komunitas Wasaka.

“Kami mengangkat tema Museum sebagai Pendidikan dan Penelitian,” tuturnya.

Lanjut, Ia menjelaskan berbagai rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam pelaksanaan pameran temporer yaitu, Belajar Bersama di Museum, Lomba Petilan Drama lomba mewarnai.

“Ini bertujuan untuk pelestarian, pembinaan, nilai-nilai sejarah dan budaya yang ada di Kalimantan Selatan untuk dikenal dan diketahui masyarakat khususnya masyarakat,” tuturnya. MC Kalsel/usu

Mungkin Anda Menyukai