Pemprov Kalsel Berhasil Tanam 800 Bibit Sphatodea Selama Dua Hari

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Kehutanan (Dishut) bersama Balai Perbenihan Tanaman Hutan (BPTH) menggelorakan semangat revolusi hijau demi tercapainya hutan lestari masyarakat sejahtera dengan melakukan penanaman, disekitar kawasan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Banjarbaru, Jumat (14/6/2024).

“Jadi kemarin itu kami sudah melakukan penanaman sebanyak 300 bibit Sphathodea dan hari ini 500 bibit Sphathodea sehingga total keseluruhan yang ditanam sebanyak 800 bibit Sphathodea,” kata Kepala Dishut Provinsi Kalsel, Fathimatuzzahra.

Dijelaskan Fathimatuzzahra, tanaman Spathodea bisa disebut Tulip Afrika yang memiliki nama ilmiah Spathodea campanulata dan dapat tumbuh tinggi.

“Dari aksi penanaman yang terus kami lakukan sebagai contoh pada masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan dan menambah tutupan lahan,” tutur Fathimatuzzahra.

Diutarakan Fathimatuzzahra, pihaknya memang selalu rutin melakukan penanaman yang digaungkan Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor (Paman Birin) agar terus menanam dan menanam untuk cucu anak nantinya.

“Keberhasilan penanaman itu dilihat dari kondisi tegakan yang mempunyai kualitas baik dan sesuai dengan tujuan penanamannya,” ungkap Fathimatuzzahra.

Lebih jauh Fathimatuzzahra pun mengungkapkan, penanaman pohon bukan hanya penghijauan semata tetapi dapat memperbaiki lingkungan, iklim dan memperbaiki perekonomian masyarakat.

“Mari kita bersama-sama gelorakan gerakan revolusi hijau secara berkelanjutan dan menanamkan kesadaran bahwa setiap batang pohon yang ditanam adalah wujud kepedulian terhadap lingkungan,” imbuh Fathimatuzzahra. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai