Puluhan Siswa SLB C Negeri Pembina Tingkat Provinsi Laksanakan Perpisahan Tahun Ajaran 2023/2024

Puluhan siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) C Negeri pembina yang dinaungi Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan menyelenggarakan perpisahan Tahun Ajaran 2023/2024 dengan mengangkat tema “Berpetualang dengan keberagaman budaya Indonesia”.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan melalui Kepala Seksi Kurikulum bidang pembinaan pendidikam khusus, Rita Mariana sangat mengapresiasi dengan tema yang diangkat oleh Sekolah Luar Biasa (SLB) C Negeri pembina ini yang mana bisa mengenalkan kebudayaan yang dimiliki Indonesia.

“Kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang perpisahan antar anak murid dengan guru, akan tetapi sekaligus menjadi pembelajaran untuk para siswa dalam mengenal kebudayaan. Bisa dilihat dari penggunaan berbagai baju adat yang digunakan para peserta,” ucapnya, Banjarbaru, Kamis (13/6/2024).

Sementara itu, Kepala SLB C Negeri Pembina Provinsi Kalimantan Selatan, Rosita Sari menambahkan kurang lebih ada 90 peserta didik yang melaksanakan pengukuhan dan purnawiyata kali ini yaitu TKLB 11 orang, SDLB 22 orang, SMPLB 26 orang dan SMALB 21 orang.

Pihaknya mengatakan pemilihan tema ini bertujuan untuk mengenalkan kepada peserta didik bahwa Indonesia mempunyai banyak ragam seni dan budaya.

“Sehingga para peserta bisa bepertualang dengan melihat berbagai suku dan budaya Indonesia,” tuturnya.

Rosita pun menyampaikan kepada siswa dan orang tua untuk terus semangat belajar sehingga menjadi orang yang berguna untuk masyarakat.

“Pembelajaran tidak hanya bisa didapat dari sekolah, mereka juga bisa belajar dari masyarakat sehingga menghasilkan kemandirian,” terangnya.

Dirinya pun berpesan bagi para agar alumni bisa mencari ilmu setinggi mungkin, menjadi pribadi yang berkarakter dan berbudi pekerti.

“Diharapkan para peserta turut memberikan kontribusi kepada masyarakat, baik dengan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, mengembangkan keterampilan dengan mengikuti program magang di perusahaan, maupun berwirausaha,” terangnya.

Sebagai informasi pada pelaksanaan perpisahan kali ini dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan juga memberikan bantuan kepada peserta didik berupa tas sekolah. MC Kalsel/usu.

Mungkin Anda Menyukai