Pemprov Kalsel Apresiasi PT PLN dalam Melestarikan Lingkungan dan Konservasi Tahura Sultan Adam

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) mengapresiasi PT PLN Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Banjarbaru Kalselteng yang telah menunjukan kepedulian dan tanggung jawab sosialnya melalui program Tanggung Jawab Sosial Dan Lingkungan (TJSL) untuk penghijauan dan konservasi Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Adam.

“Kontribusi yang diberikan tidak hanya akan memperbaiki kualitas lingkungan tetapi juga akan membawa manfaat jangka panjang bagi generasi mendatang dan Tahura Sultan Adam itu salah satu aset alam yang sangat berharga, tidak hanya sebagai paru-paru bagi Banua tetapi juga sebagai habitat bagi berbagai flora dan fauna yang harus kita jaga dan lestarikan,” kata Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Agus Dyan Nur mewakili Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, di Wisata Alam Bukit Batu, Kabupaten Banjar, Rabu (12/6/2024).

Disampaikan Agus, peran aktif dari BUMN dalam upaya pelestarian lingkungan melalui program TJSL sangat penting dan strategis.

“Mudah-mudahan program TJSL dapat terus berlanjut dan menjadi inspirasi bagi perusahaan lainnya. Dengan adanya sinergi yang baik juga, kami yakin bisa mewujudkan lingkungan yang lebih hijau lebih sehat dan lebih lestari,” tutur Agus.

Sementara itu, Kepala Dishut Provinsi Kalsel, Fathimatuzzahra menambahkan, bantuan operasional yang telah diberikan PT PLN dapat menambah sarana dan prasarana untuk mendukung pelestarian lingkungan dan hutan konservasi Tahura Sultan Adam sehingga bisa meningkatkan lagi Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Kita tahu Tahura Sultan Adam merupakan hutan konservasi karena dari sisi keunikan alamnya yang menarik sehingga dapat dikelola sebagai wisata alam,” kata Fathimatuzzahra.

Fathimatuzzahra pun menjelaskan, penghijauan dan konservasi adalah upaya bersama yang membutuhkan kolaborasi dari berbagai pihak, baik pemerintah, swasta maupun masyarakat.

“Mari kita jadikan Tahura Sultan Adam sebagai contoh sukses dari kolaborasi multistakeholder dalam menjaga kelestarian lingkungan,” imbuh Fathimatuzzahra.

Adapun bantuan yang diserahkan PT PLN kepada Tahura Sultan Adam berupa bak sampah, bibit tanaman produktif dan non produktif, lampu solar cell, papan himbauan, motor pengangkut sampah (Tosa) dan Gazebo. Selain itu, ada juga penanaman bersama dan peresmian taman bermain di objek wisata Bukit Batu Tahura Sultan Adam. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai