Festival Kalsel Terbuka, Pererat Keakraban Komisioner KI se-Indonesia

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalsel mengadakan Festival Kalsel Terbuka sebagai rangkain dari Pelaksanaan Rakornas Komisi Informasi se Indonesia ke-15 2024.

Kepala Diskominfo Kalsel, Muhammad Muslim mengatakan, melalui kegiatan ini pihaknya ingin mempererat keakraban dengan seluruh komisioner KI dari berbagai daerah di Indonesia.

Pada kegiatan Festival Kalsel terbuka ini, para komisioner KI disuguhi berbagai kuliner khas Kalsel seperti apam serabi, putri mayang, dan lainnya.

Mereka juga diajak untuk bermain sejumlah permainan tradisonal khas Kalsel seperti balogo dan juga balap bakiak.

Muslim menilai kedua permaian tradisonal ini sudah jarang dikenal oleh generasi milenial saat ini, sehingga perlu diangkat dan dikenalkan kembali ke masyarakat generasi muda.

“Ini kita laksanakan untuk mengakrabkan dan juga mengenalkan permainan tradisonal kita seperti balogo dan juga balap bakiak,” kata Muslim, Banjarmasin, Rabu (12/6/2024).

Gelaran permainan tradisonal pada Festival Kalsel Terbuka ini juga untuk mensosialisasikan gerakan masyarakat hidup sehat.

“Permainan ini termasuk olahraga tradisonal, sehingga melalui kegiatan ini kita juga mendorong terhadap gerakan masyarakat hidup sehat,” jelasnya.

Pada hari terkahir pelaksanaan Rakornas ini Pemprov Kalsel juga melaksankan city tour ke Pasar Terapung Lok Baintan sebagai salah satu destinasi unggulan Provinsi Kalsel.

“Tidak hanya ke pasar terapung, kita juga harapkan para peserta Rakornas KI juga mengunjungi destinasi wisata unggulan Kalsel lainnya seperti Kiram, dan kota intan Martapura,” tuturnya.

Dia berharap, para peserta Rakornas KI se Indonesia ke-15 merasakan kebahagian selama berkunjung ke Kalsel Babusalam.

“Semoga mereka merasakan kebahagian berkunjung ke Kalsel, dan sesuai harapan Paman Birin mereka diharapkan belanja oleh-oleh khas Kalsel sebanyak mungkin,” tukasnya. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai