Pembukaan UKW Angkatan XXII Tahun 2024

Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor yanag diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Adi Santoso berharap kepada insan pers di Banua agar terus belajar dan berkarya membangun jejaring atau kemitraan yang seluas-luasnya, hal ini disampaikan pada pembukaan Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan XXII Tahun 2024.

“Selain belajar dan berkarya, kita juga berharap kiranya wartawan dapat juga mengikutkan hasil karya atau karya jurnalis ke berbagai lomba, tidak hanya di tingkat lokal tetapi juga nasional bahkan internasional, karena dengan begitu anda berkesempatan untuk mengenalkan potensi yang ada di Banua kita sekaligus menaikkan citra Banua,” ujar Adi di salah satu hotel di Banjarmasin, Selasa (11/06/2024).

Atas nama Pemprov Kalsel, Ia menyampaikan apresiasi kepada insan pers yang selama ini telah menjadi mitra pemerintah dalam hal publikasi maupun pemberian informasi kepada masyarakat sekaligus menjadi corong atau penyambung lidah masyarakat.

“Melalui UKW ini, kita juga berharap semoga semakin banyak wartawan yang berkompeten dan profesional di Banua Kalsel sehingga dapat meningkatkan kualitas dan standar pemberitaan, berita yang baik dari wartawan yang baik, berita yang berkualitas dari wartawan yang memiliki profesionalitas,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Adi Santoso menjelaskan dengan adanya pelaksanaan UKW ini akan semakin banyak lahir wartawan di regional Kalimantan khususnya di Kalsel yang kompeten, profesional, sehingga dapat mewujudkan demokrasi yang lebih baik, sertifikasi wartawan menjadi suatu keharusan yang dimiliki oleh setiap wartawan, tidak hanya bagi wartawan, berbagai profesi lain juga mengharuskan adanya sertifikasi seperti dokter, perawat, guru, ASN, dan berbagai profesi lainnya.

“Terlebih profesi wartawan, memiliki peranan dan fungsi yang sangat penting dalam kehidupan berdemokrasi seperti di negara kita ini, selain itu di masa sekarang, di era modern, dan serba digital ini masyarakat dengan mudah dan cepat mengakses informasi melalui berbagai media yang tersedia belum lagi maraknya hoax yang dibuat dan disebarkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab,” ujarnya.

Pelaksanaan UKW selama dua hari, tanggal 11-12 Juni 2024, kali ini digelar atas kerja sama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kalsel dengan PLN Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (UIP3B) Kalimantan dengan jumlah peserta 36 orang, terdiri dari enam kelompok, tiga kelompok kelas Muda, dua kelompok kelas Madya, dan satu kelompok kelas Utama, masing-masing kelompok terdiri dari enam orang.

Turut hadir pula dalam pembukaan ini yakni GM UIP3B Kalimantan Abdul Salam Nangro, Kepala Bidang Komunikasi Publik Dinas Kominfo Kalsel Jajang Markoni, Direktur Abdi Persada Syarifah Norhani, Ketua PWI Kalsel Zainal Helmie bersama jajaran, Sekretaris PWI Kalteng dan juga Ketua PWI Tabalong. Pembukaan dilaksanakan juga secara online yang diikuti oleh Ketua PWI Kaltim, Kalbar, dan Kaltara.MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai