Ketua TP PKK Kalsel Ajak Masyarakat Lestarikan Adat Banua

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Pendidikan dam Kebudayaan Provinsi Kalimantam Selatan menyelenggarakan sosialisasi tata rias pengantin “Bagajah Gamuling Baular Lulut” yang dihadiri Ketua TP PKK Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Raudatul Jannah.

Ketua TP PKK Kalsel mengatakan sosialisasi ini sangat bagus dilaksanakan mengingat sudah banyak masyarakat yang lupa, kalau Kalimantan Selatan juga memiliki berbagai macam pakaian pengantin khas Kalsel seperti yang saat ini di sosialisasikan yaitu “Bagajah Gamuling Baular Lulut”.

“Ini merupakan pakaian pengantin adat Banjar yang sangat original sekali,” ucapnya, Banjarmasin, Selasa (11/6/2024).

Ia menerangkan, kegiatan ini menjadi wadah untuk para Make Up Artis (MUA) di Kalimantan Selatan untuk belajar dan lebih mengetahui tata rias baju pengantin adat Banjar, sehingga tidak melenceng dari pakem yang sudah ada dari warisan leluhur budaya Banjar.

Raudatul pun sangat berterima kasih kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan selatan serta Dewan Pengurus Daerah Harpi Melati Provinsi Kalimantan Selatan yang terus mengenalkan serta melestarikan pakaian pengantin adat Banjar.

“Karena ini salah satu identitas jati diri suku Banjar yang harus dikenalkan kepada seluruh generasi,” terangnya.

Untuk itu, dirinya berharap dengan kegiatan ini masyarakat ke depannya bisa banyak menggunakan kembali berbagai macam pakaian adat Banjar yang sudah sesuai dengan pakem yang ada.

“Dengan kita memakai pakaian adat Banjar, kita turut melestarikan peninggalan nenek moyang,” tuturnya. MC Kalsel/usu.

Mungkin Anda Menyukai