Terus Jaga Kelestarian Lingkungan, Pemprov Kalsel Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melaksanakan apel dalam Rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, di halaman Kantor Gubernur Kalsel, Banjarbaru, Rabu (5/6/2024). Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor bertindak sebagai pembina pada apel tersebut.

Sahbirin mengatakan, peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia sebagai momen penting untuk meningkatkan kesadaran global dalam mengambil tindakan yang positif bagi perlindungan alam dan bumi.

“Maka dari itu, kita mengingatkan kepada seluruh masyarakat agar lebih peduli dan aktif lagi dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan,” kata Sahbirin.

Sahbirin mengutarakan, perubahan iklim, polusi dan kerusakan alam adalah masalah nyata yang membutuhkan perhatian serius.

“Kita harus mulai dari hal-hal kecil, seperti mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, melakukan daur ulang, menjaga kebersihan dan melakukan penghijauan di sekitar tempat tinggal. Mari kita jadikan kebersihan dan kelestarian lingkungan sebagai budaya dalam kehidupan sehari-hari,” tutur Sahbirin.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalsel, Hanifah Dwi Nirwana mengatakan dari tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia, yaitu penyelesaian krisis iklim dengan inovasi dan prinsip keadilan.

“Dari tema ini mengingatkan kita semua untuk menyelesaikan akar masalah krisis iklim yang harus dilakukan dengan inovasi dan dilaksanakan secara konsisten oleh seluruh pemangku kepentingan dan harus mengedepankan prinsip keadilan dan inklusivitas,” kata Hanifah.

Hanifah menyebutkan, Indonesia telah meningkatkan ambisinya dalam komitmen pengurangan emisi gas rumah kaca.

Begitu pula Kalsel, capaian penurunan emisi gas rumah kaca pada tahun 2022 sebesar 25,4 persen. Kemudian di tahun 2023, capaian penurunan emisi gas rumah kaca meningkat sebesar 38,3 persen dari target sebesar 28,15 persen.

“Dengan segala capaian maupun dengan keberhasilan lainnya, kami memberikan apresiasi kepada semua pihak, yang telah berpartisipasi dalam upaya menjaga dan melestarikan lingkungan hidup di Banua,” sebut Hanifah.

Adapun Hari Lingkungan Hidup Sedunia berlangsung dari 5 Juni hingga 5 Juli 2024 dengan berbagai kegiatan diantaranya, Penyerahan Apresiasi Lomba Babarasih Sungai Berupa Kendaraan Roda Tiga, Gerobak Sampah dan Satu Paket Alat Kebersihan, Pembagian 250 bibit Pohon Kepada SKPD Pemprov Kalsel, Lokus Binaan Program Sungai Martapura Asri, Komunitas Pegiat Lingkungan dan Akademisi, Aksi Bersih Kawasan Perkantoran Pemprov Kalsel, Sosialisasi Bertema Kemitraan Dan Aksi Generasi Muda.

Kemudian, Talkshow Bertema “Pengendalian Perubahan Iklim”, Aksi Bersih Sungai Serentak, Melakukan Penanaman 8.000 Bibit Mangrove Dan Aksi Bersih Pantai sebagai Acara Puncak Kegiatan Di Desa Muara Pagatan Kabupaten Tanah Bumbu di akhir Juni 2024. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai