KS3B Kota Banjarmasin Juarai Lomba Japin Carita se Kalsel

Kelompok Studi Seni Sanggar Budaya (KS3B) dari kota Banjarmasin berhasil mendapatkan juara pertama pada lomba japin carita se Kalimantan Selatan yang diadakan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Taman Budaya.

Kepala UPTD Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan, Suharyanti mengungkapkan perlombaan hari ini sebagai tolak ukur pihaknya dalam mengembangkan kesenian tradisional yang dimiliki Kalimantan Selatan.

“Jadi kita ingin melihat terlebih dahulu sejauh mana perkembangan dan pengetahuan para mahasiswa maupun pelajar mengetahui tentang teater tradisi japin carita ini,” ucapnya, di Banjarmasin, Rabu (5/6/2024).

Ia menerangkan, kedepan pihaknya akan melaksanakan workshop Teater Tradisi Japin carita untuk mengedukasi kembali kepada masyarakat maupun seniman. Nanti pada pelaksanaan tersebut unsur yang akan diangkat seperti pembuatan naskah, gerak tari hingga penguatan lakon.

“Karena teater tradisi japin carita ini salah satu kesenian Kalimantan yang kompleks, dimana didalan satu pagelaran banyak kesenian yang ada didalamnya seperti seni drama, tari maupum musik,” terangnya.

Salah satu juri Lomba Japin Carita, Muhammad Syahril M Noor memberikan evaluasi kepada para peserta lomba japin carita bahwa didalam membawakan pagelaran japin carita unsur teater yang harus terus diperhatikan.

“Dalam suatu pementasan mereka harus memberikan suatu pesan moral yang ada pada cerita yang dbawakan pada penampilan japin carita tersebut,” tuturnya.

Untuk itu, pihaknya pun sangat antusias, apabila Pemprov Kalsel melaksanakan workshop japin carita, karena dengan pelaksanaan tersebut para seniman maupum masyarakat bisa mengetahui lebih jauh unsur – unsur teater tradisi japin carita.

“Kami sangat mendukung adanya rencana pelaksanaan workshop ini untuk membangun regenerasi dalam pengelana teateri tradisi kalimantan selatan,” tuturnya.

Sementara itu, anggota dari KS3B, Riza mengucapkan sangat senang dan suatu kebanggaan menjadi terbaik pertama pada Teater tradisi Japin Carita.

“Ini menjadi wadah bagi para regenerasi anggota kami untuk ikut melestarikan salah satu kesenian tradisi miliki banua. Karena pada pelaksanaan ini yang tampil semua adalah generasi muda,” ungkapnya.

Sebagai bahan Informasi, Terbaik pertama dari KS3B dengan nilai 960, Terbaik kedua dari Garis Teater dengan nulai 955, terbaik ketiga Sanggar Tana Harum dengan nilai 950, Harapan pertama dari KSB dengan nilai 890, dan harapan kedua Sanggar Bahana Antasari dengan nilai 880. MC Kalsel/usu.

Mungkin Anda Menyukai