Sebagai Penyangga IKN Nusantara, Pemprov Berkomitmen Tingkatkan Kualitas Pemandu Wisata di Kalsel

Dalam rangka memajukan sektor pariwisata di Banua, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Kalsel berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pemandu wisata di Kalsel.

Plh Kepala Dispar Provinsi Kalsel, Muhammad Noor mengatakan, pihaknya terus berupaya untuk menjadikan Kalsel sebagai daerah penyangga Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara khususnya dalam sektor pariwisata baik wisata berbasis alam, religi dan buatan serta ekonomi kreatif.

“Sektor pariwisata dan ekonomi kreatif memainkan peran penting dalam menggerakkan pertumbuhan ekonomi, menciptakan peluang kerja, dan mempromosikan pertukaran budaya,” kata Muhammad Noor, Banjarmasin, Senin (3/6/2024).

Kebangkitan sektor pariwisata, lanjutnya, perlu kerja sama dari berbagai pihak dan sektor lainnya untuk membangkitkan kejayaan sektor pariwisata termasuk para pemandu wisata.

“Kualitas pelayanan juga menentukan antusiasme masyarakat untuk mengunjungi objek wisata secara berulang. Kemampuan dan tingkat pengetahuan pemandu wisata yang mumpuni, juga merupakan salah satu faktor yang menentukan kepuasan wisatawan saat mengunjungi objek wisata,” jelasnya.

Untuk itu para pemandu wisata haruslah tersertifikasi karena ini akan mampu menjadi magnet antusiasme wisatawan untuk mengunjungi objek wisata di Provinsi Kalsel, sehingga kemudian diharapkan sektor pariwisata dapat bangkit berjaya.

“Dengan adanya para pemandu wisata yang telah tersertifikasi dan terjamin kualitas pelayanannya, selanjutnya tingkatkan selalu kualitas dan profesionalitas dalam melayani wisatawan sehingga potensi tamu untuk datang kembali dengan membawa lebih banyak tamu menjadi semakin besar,” tukasnya. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai