Launching Pekan Imunisasi Nasional, Gubernur Kalsel : Keberhasilan Pembangunan Kesehatan

Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Sahbirin Noor melaunching Pekan Imunisasi Nasinal disela-sela Rapat Kerja Kesehatan Daerah tahun 2024 yang diselenggarakan Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalsel yang bertujuan sebagai forum tingkat daerah bidang kesehatan dalam merumuskan rencana tindak lanjut yang akan dilakukan pada 2025 untuk meningkatkan kinerja dan capaian indikator-indikator prioritas kesehatan yang melibatkan sinersigitas, integrasi dan kolaborasi peran Pemerintah Provinsi Kalsel dan kabupaten/kota.

Pemerintah Provinsi Kalsel melalui Dinkes Provinsi Kalsel melaksanakan pembangunan kesehatan yang berkesinambungan dengan prioritas pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026 dengan meningkatkan kualitas dan daya saing sumber daya manusia dengan sasaran meningkatnya kualitas kesehatan masyarakat.

Strategi yang dilakukan antara lain mengutamakan tindakan promotif preventif, meningkatkan kemandirian alat kesehatan dan ketersediaan obat yang terjangkau, memprioritaskan pembangunan kesehatan, memenuhi layanan kesehatan di seluruh Kalsel, pemerataan tenaga kesehatan, serta memanfaatkan perkembangan teknologi dalam memberikan layanan kesehatan.

“Keberhasilan pembangunan kesehatan tidak hanya ditentukan oleh perencanaan tingkat pusat saja, melainkan hasil perencanaan daerah juga sangat berpengaruh,” kata Sahbirin, Banjarmasin, Kamis (30/5/2024).

Saat ini, Kemenkes juga sedang melakukan transformasi sistem kesehatan yang berfokus pada 6 pilar, untuk mewujudkan masyarakat yang sehat, mandiri, produktif, dan berkeadilan, sekaligus sebagai bentuk kesiapan pemerintah dalam menghadapi masalah kesehatan di masa yang akan datang.

“Hal tersebut bisa menjadi pedoman bagi insan kesehatan di Kalsel untuk bisa memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik bagi masyarakat,” ujar Sahbirin.

Kegiatan juga dirangkai dengan penyerahan Piagam Penghargaan Kabupaten Kotabaru peringkat 1 pada Pemeringkatan Profil Kesehatan 2023, Piagam penghargaan Kabupaten Hulu Sungai Selatan Keberhasilan Konektivitas Wilayah Kabupaten/Kota berdasarkan capaian faskes yang berhasil terkoneksi pada SATU SEHAT platform dengan persentase 69,57 persen, Sertifikat penghargaan kepada Kota Banjarbaru sebagai salah satu kota yang mencapai Imunisasi Dasae Lengkap sebesar 100,51 persen dari target nasional 100 persen tahun 2023 dan Sertifikat penghargaan kepada Kabupaten Tanah Laut sebagai salah satu kabupaten yang mencapai Imunisasi T2+ Ibu Hamil sebesar 84,44 persen dari target nasional 80 persen di 2023. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai