Tingkatkan Pemanfaatan Produk Jasa Konstruksi, Pemprov Kalsel Gelar Rakor Pengawasan

Dalam upaya meningkatkan pemanfaatan produk jasa konstruksi yang lebih tertib, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mengadakan Rapat Koordinasi Pengawasan penyelenggaraan tertib pemanfaatan produk jasa konstruksi di Banjarbaru, Senin (13/5/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan yang memadai terkait berbagai aspek pengawasan penyelenggaraan tertib pemanfaatan produk jasa konstruksi.

“Jasa konstruksi memiliki peranan strategis dalam pembangunan, sehingga merupakan hal yang penting untuk dilakukan pembinaan pada penyedia jasa, pengguna jasa, serta masyarakat guna menumbuhkan pemahaman dan kesadaran akan tugas dan fungsi serta hak dan kewajiban masing-masing,” kata Kadis PUPR Kalsel, Ahmad Solhan didampingi Kabid Bina Konstruksi, Mustajab.

Ia mengatakan pengawasan tertib penggunaan produk jasa konstruksi sangatlah penting untuk dipraktikkan guna menjaga hasil konstruksi yang optimal serta menghindari pelanggaran aturan yang dapat membahayakan masyarakat.

Oleh karena itu, melalui kegiatan ini dapat mengetahui tugas dan fungsi serta hak dan kewajiban masing-masing stakeholder terkait dengan konstruksi, termasuk tugas pengawasan yang harus dilakukan oleh para pihak.

“Melalui rapat koordinasi ini, diharapkan para pihak dapat meningkatkan pemahaman, pengetahuan, dan penyatuan persepsi terkait konstruksi dan pengawasannya,” ujarnya.

Dalam hal ini, Dinas PUPR Kalsel sebagai perpanjangan tangan pemerintah daerah berupaya meningkatkan kegiatan pengawasan dan membina jasa konstruksi guna mewujudkan struktur usaha yang kuat, andal, berdaya saing tinggi, serta hasil jasa konstruksi yang berkualitas.

Pelaksanaan pengawasan tertib pemanfaatan produk jasa konstruksi diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat di bidang jasa konstruksi, menjaga keselamatan publik, serta menciptakan kenikmatan lingkungan terbangun. Dan tidak hanya dilakukan oleh Dinas PUPR Kalsel, semua kegiatan konstruksi yang dilakukan oleh pemerintah daerah lainnya harus dilakukan dengan pengawasan yang sama.

“Mari bersama-sama meningkatkan efektivitas dan optimalisasi pengawasan penyelenggaraan jasa konstruksi di Kalsel agar tercipta hasil konstruksi yang lebih mantap serta menjaga keselamatan publik dan lingkungan yang terbangun,” kata Solhan. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai