Rapat Pengendalian Inflasi Minggu Ke 3 Juli 2023


Pelaksana Tugas Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Suparmi mengikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi secara virtual di Command Center Kalsel di Banjarbaru, Senin (24/7/2023).

Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor melalui Pelaksana Tugas Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Suparmi mengikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi secara virtual di Command Center Kalsel di Banjarbaru, Senin (24/7/2023).

“Inflasi tingkat nasional bulan Juni (y on y) 3,52 persen turun dibanding bulan lalu 4,00 persen dan inflasi m to m sebesar 0.14 persen naik sedikit dibanding Mei sebesar 0.09 persen,” sebut Suparmi.

Sedangkan inflasi Kalsel pada bulan Juni  y on y  disebutkan sebesar 4,30 persen dan m to m sebesar 0,35 persen.

Pada bulan Juli Minggu III kali ini, inflasi di Kalsel terkendali, dan ada 3 kabupaten-kota dengan Indeks Perkembangan Harga (IPH) mengalami minus yaitu Kabupaten Tanah Laut (Tala) sebesar -1,230, Kabupaten Barito Kuala (Batola) -0,439, dan Kota Banjarbaru sebesar  -2.340.

Sedangkan di daerah lainnya IPH-nya berkisar 0,624  – 1,574, penahan inflasi di Kalsel dari komoditas cabe merah, daging ayam ras, ikan kembung, udang basah, dan bawang putih. Kalsel juga termasuk daerah surplus daging ayam ras dan telur ayam ras.

“Semoga ke depannya inflasi di Kalsel tetap terkendali,” harap Suparmi.

Rapat koordinasi pengendalian inflasi minggu ke III ini dipimpin oleh Sekjen Kemendagri, Muhammad Hudori dan diikuti oleh seluruh kepala daerah tingkat kabupaten kota hingga provinsi. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai