Empat Putra Putri Daerah Terpilih Wakili Kalsel di Paduan Suara Gita Bahana Nusantara 2023


Foto bersama Juri dengan para peserta terpilih audisi Gita Bahana Nusantara Kalimantan Selatan tahun 2023, Banjarmasin, Kamis (8/6/2023). MC Kalsel/usu.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan baru saja menyelesaikan auidisi Gita Bahana Nusantara tahun 2023 dengan mendapatkan 4 putra putri daerah yang akan mewakili Kallimantan Selatan untuk ikut bergabung dalam paduan suara Gita Bahana Nusantara yang akan tampil pada HUT ke 78 Kemerdekaan RI di Istana Merdeka.

4 Putra Putri Daerah tersebut berasal dari Kota Banjarmasin, Kabupaten Hulu Sungai Utara dan Kabupaten Tabalong.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammadun melalui Kepala Bidang Kebudayaan, Raudati Hildayati mengucapkan selamat atas prestasi yang telah diraih oleh para peserta yang berhasil masuk ke dalam jajaran perwakilan setiap provinsi di Indonesia.

“4 peserta yang berhasil lolos ini, selanjutnya akan diberikan pembekalan dan pembentukan karakter seperti disiplin, etika serta materi vokal untuk menunjang pada saat bertemu dengan perwakilan provinsi yang lain,” ucapnya, Banjarmasin, Kamis (8/6/2023).

Sementara itu, Kepala Seksi Kesenian Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalsel, D. Sunjaya Adhiarso menambahkan juri pada audisi kali ini berasal dari nasional serta lokal, yang mana mereka sudah ahli dalam dunia tarik suara.

“Ada lima juri yang memberikan penilaian saat auidisi yaitu Sudirman Juri Senior dari Pemerintah Pusat, Sirajudin sebagai musisi dan pencinta lagu, dan Sinta Sinaga seorang pianis, Sabransyah Dosen FKIP ULM Banjarmasin pengajar bidang vokal dan piano serta Maryanto Dosen Seni Musik FKIP ULM Banjarmasin,” terangnya.

Lebih lanjut, salah satu juri Auidisi Gita Bahana Nusantara 2023, Sudirman mengungkapkan, dari semua peserta yang ikut audisi, sudah cukup baik dari segi vokal maupun cara membaca notasi, akan tetapi mereka tetap perlu dilatih.

“Dengan pelaksanaan karantina yang dilakukan pemerintah, sangat membantu para peserta yang terpilih untuk lebih matang, dalam persiapan pada saat dilakukan karantina bersama dengan 34 Provinsi lainnya pada Agustus mendatang,” jelasnya.

Salah satu pemenang audisi Gita Bahana Nusantara 2023 dari Kabupaten Tabalong, Yousa Runius Yosua sangat bersyukur bisa mewakili daerahnya untuk ikut berpartisipasi pada paduan Suara Gita Bahana Nusantara.

“Banyak persiapan yang telah dilakukan, terutama dalam melatih suara agar bisa menampilkan yang terbaik mewakili Kalimantan Selatan,” terangnya.

Untuk perwakilan jenis suara Sopran Meiysa Syifa Noerzahra dari Kabupaten HSU, jenis suara Bass, Yousa Runius Yosua dari Kabupaten Tabalong, jenis suara Alto, Davina Lourdes Rahail, dan jenis suara Tenor Samuel Raphael dari Kota Banjarmasin. MC Kalsel/usu.

Mungkin Anda Menyukai