Atlet Gulat Junior Kalsel Raih Empat Emas Pada Kejurnas Junior di Kaltim


Sekretaris Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI) Kalimantan Selatan sekaligus Kasi Pengembangan Olahraga Rekreasi, Tradisional dan Layanan Khusus Dispora Kalsel, Rijal Hamid bersama atlet gulat junior kalsel peraih medali. Dok

Atlet Gulat Junior Kalimantan Selatan berhasil meraih empat medali emas di kejuaraan nasional junior di Kalimantan Timur pada tanggal 26-27 Mei 2023.

Hasil tersebut membuat cabang gulat berhasil mempertahankan tradisi medali emas untuk banua. Keempat emas tersebut disumbang oleh Said Ahmad di kelas gaya bebas 60 kg u-17, Risky Kharisma kelas 49 kg gaya bebas u-17, Afiya Nur Falih gaya bebas 49 kg u-15, serta Adelia Sahda Farras gaya bebas 54 kg puteri.

Selain emas, Kalsel juga menorehkan dua perak di nomor gaya bebas putera 54 kg dan gaya bebas puteri di nomor 49 kg, serta satu perunggu di nomor gaya bebas 58 kg.

Sekretaris Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI) Kalimantan Selatan sekaligus Kasi Pengembangan Olahraga Rekreasi, Tradisional dan Layanan Khusus Dispora Kalsel, Rijal Hamid menuturkan, keberhasilan ini menjadi bahan evaluasi pengurus gulat untuk mempromosikan mereka ke tim senior.

“Kejurnas gulat di Kaltim, kita kirim tujuh atlet dan ketujuhnya dapat medali, yakni empat emas, dua perak dan satu perunggu, akan dipromosikan ke senior, evaluasi sangat banyak dan harus dibenahi,” kata Rijal Hamid, Rabu (7/6/2023).

Selain itu, Kalsel juga meloloskan satu pegulat senior ke babak kualifikasi kejuaraan gulat pantai dunia di Singapura, yakni atas nama Fahriansyah kelas 86 hingga 91.

“Jadi atlet Kalsel Fahriansyah lolos dan dapat mengikuti kejuaraan Gulat Pantai dunia di Singapura. Sedangkan atlet gulat putri andalan Kalsel Roxana tidak bisa mengikuti kejuaraan tersebut, padahal sudah dipastikan lolos,” ungkapnya.

Alasan atlet gulat putri Kalsel karena terkendala kewarganegaraan, meski sudah menjadi warga negara Indonesia, namun masih tercatat sebagai atlet gulat di Rumania. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai