Pemprov Kalsel Siapkan Sarana Komunikasi Radio Repeater Untuk Hadapi Bencana  

Seorang petugas memperbaiki repeater BPBD Kalsel. Dok

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Selatan meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi setiap potensi bencana. Salah satu upaya strategis itu adalah menyiapkan sistem komunikasi radio repeater saat penanganan bencana, termasuk pada bencana kabut asap yang disebabkan oleh Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Analis Penanggulangan Krisis, Ricky Ferdyanto selaku Manager Pusat Pengendali Operasi BPBD Kalsel menjelaskan untuk saat ini Repeater BPBD Kalsel di Tahura Sultan Adam sedang dalam proses perbaikan.

“Perbaikan itu secepatnya akan segera diselesaikan supaya petugas di lapangan lebih mudah dalam berkomunikasi, begitupun Pusdalops BPBD Kalsel bisa berkoordinasi dengan mudah ke BPBD Kabupaten/Kota se-Kalsel,” ujar Ricky, Kamis (24/5/2023).

Perbaikan tersebut lebih ditingkatkan sebagai upaya penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan maupun kebencanaan lainnya di Kalsel. Upaya BPBD Kalsel saat ini dalam komunikasi untuk informasi terkait Bencana Alam dapat dikabarkan melalui WhatsApp BPBD Kalsel 0857-7603-2729 dan Instagram @bpbd_kalsel , @pusdalops_bpbd.kalsel.

“Sedangkan layanan informasi kebencanaan ini dipersiapkan personel yang siap selama 24 jam,” tukasnya. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai