Gali Kiat-Kiat Layanan Perpustakaan Milik Pemprov Kalsel

Kunjungan dari Komisi I DPRD Kabupaten Kotabaru ke Dispersip Kalsel.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan (Kalsel) mendapatkan kunjungan dari Komisi I DPRD Kabupaten Kotabaru.

Kunjungan tersebut dalam rangka menggali informasi sekaligus belajar terkait kiat-kiat layanan perpustakaan Pemerintah Provinsi Kalsel dalam meningkatkan Indeks Pembangunan Literasi (IPL).

Kepala Dispersip Kalsel Nurliani Dardie mengatakan, selama ini dalam meningkatkan IPL Provinsi Kalsel pihaknya terus melaksanakan promosi minat baca, sesuai dengan arahan dari Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor.

“Kami terus melakukan promosi minat baca ke sekolah-sekolah dan daerah pelosok di Kalsel dengan menerjunkan tim perpustakaan keliling. Selain itu kami juga mendatangkan penulis ataupun pendongeng untuk berbagi ilmunya kepada masyarakat Banua,” katanya, Banjarmasin, Kamis (28/4/2023).

Sementara itu, Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Kotabaru, Gewsima Mega Putra melalui siaran pers Dispersip Kalsel mengatakan, kunjungan ini guna merealisasikan program kerja pihaknya, juga konsultasi ke Pemerintah Provinsi Kalsel untuk mendapatkan masukan dan informasi positif konstruktif bagi percepatan pembangunan di Kotabaru.

Tidak hanya itu, ia juga menyebutkan, semua yang didapat pihaknya terutama soal Indeks Pembangunan Literasi akan diterapkan di daerahnya.

“Apa yang kami dapatkan pada kunjungan ini akan kami terapkan secara bertahap di Kabupaten Kotabaru khususnya terkait dengan peningkatan indeks pembangunan literasi,” jelasnya.

Gewsima juga memuji kelengkapan dan kenyamanan fasilitas ada di Perpustakaan Palnam dibawah naungan Dispersip Kalsel tersebut, dia pun mengimbau agar masyarakat memanfaatkan dengan baik fasilitas yang disediakan oleh Pemerintah Provinsi Kalsel ini.

“Saya mengimbau masyarakat lainnya bisa berkunjung ke Dispersip Kalsel, karena tempatnya nyaman dan fasilitasnya lengkap. Buku bacaan yang lengkap juga bisa membuat kartu anggota perpustakan dengan cepat dan langsung selesai,” ungkapnya. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai