Pemprov Kalsel Raih Penghargaan Peringkat Satu Pelayanan Kefarmasian Tahun 2022

Kepala Dinas Kesehatan Kalsel, Diauddin didampingi Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan (SDK), Ahmad Yani berfoto bersama dengan penghargaan peringkat satu pelayanan kefarmasian terbaik tahun 2022 di Banjarmasin, Senin (10/4/2023). MC Kalsel/tgh

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Kesehatan Kalsel kembali meraih penghargaan peringkat satu pelayanan kefarmasian terbaik tahun 2022 se Indonesia. Hal ini berkat pimpinan Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor.

Penghargaan tersebut langsung diberikan Kementerian Kesehatan RI melalui Direktorat Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan pada tanggal 27 Maret 2023 lalu.

“Alhamdulillah ini sangat membanggakan kita meraih penghargaan tertinggi yaitu peringkat satu se-Indonesia terkait pelayanan kefarmasian,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kalsel, Diauddin melalui Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan (SDK), Ahmad Yani di Banjarmasin, Senin (10/4/2023).

Ahmad Yani mengatakan, adapun indikator yang menjadi penilaian, yaitu pertama SPO Pengelolaan Obat, kedua Pengkajian dan Pelayanan Resep dan ketiga Pelayanan Informasi Obat (PIO).

“Jadi dari tiga indikator tersebut, Kalsel semuanya memenuhi dan pengelolaannya terbaik di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Oleh karena itu, dari hasil raihan penghargaan ini, dapat menyimpulkan bahwa pelayanan kefarmasian di rumah sakit, puskesmas sudah memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh kementerian kesehatan.

“Dengan demikian, ini menjadi motivasi dalam meningkatkan pelayanan kesehatan ke masyarakat, sehingga dapat mempermudah pengobatan secara khusus pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” ungkapnya.

Ia berharap kepada Dinas Kesehatan Provinsi, Rumah sakit maupun Puskesmas dapat lebih meningkatkan kinerjanya dalam memberikan pelayanan kemasyarakat.

“Kita tahu aspek lain pelayanan kefarmasian ini adalah salah satu unsur yang sangat penting didalam rantainya yaitu pelayanan kesehatan. Kalau masyarakat tertolong atau dilayani pengobatan dengan baik, mudahan dampaknya akan mempercepat kesembuhan masyarakat,” pungkasnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai