Hindari Penyakit, Gubernur Kalsel Minta RSUD Moch Ansari Saleh Genjot PHBS Kepada Masyarakat

Pelayanan RSUD Moch Ansari Saleh Banjarmasin. MC Kalsel/Ar

Di bulan suci Ramadan 1444 H, Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Sahbirin Noor meminta agar bisa menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di lingkungannya masing-masing.

“Kita harus bersama-sama mendorong penguatan sosialisasi dan edukasi mengenai pentingnya penerapan PHBS, guna meningkatkan pemahaman kepada masyarakat,” ucap Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Moch Ansari Saleh Banjarmasin, Among Wibowo, Senin (3/4/2023).

Among menyampaikan, dengan menerapkan PHBS di bulan Ramadan akan mendapatkan pahala dari Allah SWT dan menjaga imunitas tubuh agar tetap kuat dan sehat.

“Sehingga dari PHBS dapat membantu seseorang menghindari masalah kesehatan yang sering timbul saat berpuasa,” kata Among.

Dijelaskan Among, PHBS merupakan perilaku kesehatan yang dilakukan oleh diri sendiri, keluarga dan masyarakat dalam upaya untuk menjaga kesehatan dan mencegah terjangkitnya suatu penyakit.

“Kita ingin PHBS menjadi budaya masyarakat dalam menjaga kebersihan sesuai standar kesehatan dan lebih baik mencegah daripada mengobati,” ungkap Among.

Selain itu, beberapa penyakit menular banyak ditemukan di masyarakat seperti diare, hepatitis dan infeksi saluran pernafasan yang berasal dari perilaku kurang bersih dari masyarakat dan mempengaruhi kesehatan.

“Maka dari itu, dalam upaya pencegahan penyakit bisa menerapkan PHBS yang menjadi solusi bagi masyarakat agar terhindar dari penyakit tersebut,” tutur Among. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai