Runner Up di Kejurnas, Vera Optimis Menuju Kazakhstan

Pecatur putri Kalsel, Norasya Verdiana meraih medali perak di Kejurnas Catur ke-49 2023 di JIE Expo Kemayoran, Jakarta, 13-20 Maret tadi.

Atlet catur putri Kalimantan Selatan, Norasya Verdiana berhasil meraih medali perak di ajang Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Catur ke 49 2023 di JIE Expo Kemayoran, Jakarta, pada tanggal 13-20 Maret.

Vera berhasil meraih perak saat tampil di nomor catur cepat kategori open. Pada babak ke 7 yang merupakan partai final, Vera remis usai bermain sama kuat melawan pecatur tim PON Jatim, Dzihthauly Ramadhan.

Di luar dugaan, hasil remis ini justru membuat pecatur unggulan Jatim lainnya, Muhammad Agus Kurniawan otomatis ke peringkat pertama sekaligus meraih medali emas. Di partai akhir, Agus menang atas Azarya Jodi Setyaki, pecatur DKI Jakarta.

“Saya tak menampik hasil ini tidak sesuai ekspektasinya. Memang di luar dugaan. Tapi saya cukup senang, karena di Kejurnas ini, saya satu-satunya pecatur wanita yang tampil di kategori open. Selain itu, ini jadi momen comeback, karena sudah cukup lama vakum tampil di ajang kejuaraan resmi. Terakhir, saya sempat tanding di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) X Kalsel 2017 di Tanjung, Kabupaten Tabalong. Waktu itu saya menyumbang tiga medali emas buat Kota Banjarmasin,” kata Vera, Minggu (26/3/2023).

Ia mengatakan Kejurnas yang diikutinya itu jadi modal penting menuju ajang internasional.

“Hasil Kejurnas ini masuk sebagai poin seleksi tim catur Indonesia menuju kejuaraan dunia di Astana, Kazakhstan, sekitar Juni nanti. Ini juga jadi bahan pertimbangan seleksi tim catur Indonesia ke ajang SEA Games Kamboja 2023, Mei mendatang,” ungkapnya.

Untuk itu, ke depan, Ia akan terus mengasah kemampuannya bermain catur.

“Saya akan cari gelar di beberapa kejuaraan catur terbuka, sekaligus cari poin untuk menambah rating,” pungkasnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai