Kalsel 1 Siap ASO Malam Ini

Kepala Dinas Kominfo Provinsi Kalsel, Muhamad Muslim. MC Kalsel/dok

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) memastikan wilayah Kalsel 1 yang meliputi Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Tanah Laut, Kabupaten Banjar, dan Kabupaten Barito Kuala siap melaksanakan Analog Switch Off pada tanggal 20 Maret tepat pukul 23.59 WITA.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kalsel, Muhamad Muslim mengatakan, beberapa hari terakhir ini pihaknya bersama stakeholder terkait terus berkoordinasi untuk mempercepat pendistribusian Set Top Box (STB) kepada warga miskin ekstrem yang telah terdata pada lima kabupaten/kota tersebut.

“ASO adalah penghentian siaran televisi analog untuk bermigrasi ke digital, dengan siaran yang lebih bersih, lebih jernih, dan lebih canggih. Dengan ASO, masyarakat bisa menyaksikan tayangan yang lebih berkualitas dan beragam. Untuk itu, dalam beberapa hari terakhir ini kami terus berkoordinasi dengan Lembaga Penyiaran Swasta (LPS) untuk percepatan distribusi STB,” kata Muslim, Banjarmasin, Senin (20/3/2023).

Muslim pun mengimbau masyarakat di wilayah Kalsel 1 yang tidak termasuk penerima, namun memiliki televisi analog dan tidak bisa menerima sinyal digital agar segera memasang STB.

“Masyarakat bisa membeli STB di toko elektronik maupun online. Pastikan membeli STB yang telah tersertifikasi Kementerian Kominfo dan berlogo SNI,” tutur Muslim.

Sementara itu, Kepala Seksi Kemitraan dan Hubungan Media Diskominfo Provinsi Kalsel, Erlinda Puspita Ningrum menyampaikan, berdasarkan data dari Kementerian Kominfo RI, per 20 Maret siang ini capaian pendistribusian STB untuk wilayah Kalsel 1 telah mencapai 93 persen.

“Untuk wilayah Kalsel 1 sendiri mendapatkan kuota sebanyak 21.626 STB baik itu dari Bantuan Pemerintah (Banper) dan LPS. Dari total tersebut, 93 persennya atau sebanyak 20.028 STB telah terdistribusikan kepada masyarakat miskin ekstrim yang telah terdata di lima kabupaten/kota di Wilayah Kalsel 1,” tutur Puspa.

Dia menambahkan, capaian distribusi Kalsel 1 ini termasuk capaian yang tinggi diluar Pulau Jawa dibandingkan dengan Bali dan Sumatera Selatan 1 yang juga dijadwalkan melaksanakan ASO pada 20 Maret ini.

“Alhamdulillah kita bersyukur capaian Kalsel 1 lebih tinggi dari Bali dan Sumsel 1, yang mana ini menandakan bahwa wilayah Kalsel 1 yang terdiri dari lima kabupaten/kota siap melaksanakan ASO pada hari ini,” ujar Puspa. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai