Disdag Pastikan Stok Bahan Pokok Jelang Ramadan Aman

Kepala Disdag Provinsi Kalsel, Birhasani (tiga kiri) mengunjungi distributor bahan pokok. MC Kalsel/scw

Dalam rangka memastikan stok ketersediaan dan stabilisasi harga bahan pokok jelang bulan Ramadan di Kalimantan Selatan (Kalsel), Dinas Perdagangan (Disdag) Provinsi Kalsel mengunjungi empat distributor bahan pokok berskala besar. 

Kepala Disdag Provinsi Kalsel, Birhasani mengatakan dari hasil monitoring ke empat titik yang dikunjungi, seperti distributor minyak goreng, gula pasir, dan tepung terigu, dipastikan ketersedian aman, begitupun harganya tidak mengalami kenaikan. 

“Dari empat distributor besar yang dikunjungi rata-rata menyampaikan pasokannya aman, bahkan hingga tiga bulan ke depan,” kata Birhasani, Banjarmasin, Jumat (10/3/2023).

Birhasani menyebutkan untuk stok ketersediaan minyak goreng merk premium dan sederhana juga aman. 

“Rencananya pada 13/14 Maret, minyak goreng bermerk “minyak kita” akan memproduksi 50.000 karton (600.000 liter) per bulan,” jelas Birhasani.

Meski demikian, nantinya distributor minyak goreng subsidi hanya melayani pembeli yang memiliki aplikasi SIMIRAH.

“Jadi outlet-outlet yang belum memiliki aplikasi SIMIRAH sementara pembelian minyak goreng murah nantinya juga akan dibatasi per area,” ucap Birhasani.

Birhasani menambahkan, untuk kondisi beras, memang akhir-akhir ini terbatas. Ia menyarankan bagi pelaku usaha dapat berupaya memenuhi keperluan masyarakat, dengan cara melakukan pasokan beras luar daerah, seperti dari Sulawesi Selatan, Jawa Barat dan Jawa Timur.

“Memang persoalan beras ini tidak hanya di Kalsel, tetapi secara Nasional,” singkat Birhasani. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai