Pemprov Kalsel Siap Suplai Padi Untuk IKN di Tahun 2024

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Prov. Kalsel, Syamsir Rahman. Dok

Pemerintah Provinsi Kalsel melalui Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura terus bergerak meningkatkan perekonomian masyarakat, termasuk di bidang pertanian. Angka produksi padi yang akan dicapai Provinsi Kalsel di tahun 2023 ini sekitar 1,2 juta ton.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Provinsi Kalsel, Syamsir Rahman mengatakan, Kalsel diminta oleh Kementerian Pertanian untuk menjadi salah satu penyangga pangan untuk Ibu Kota Negara (IKN) pada tahun 2024 mendatang.

“Kami terus berbenah untuk meningkatkan capaian produksi padi, salah satunya membenahi area persawahan yang sering tergenang air pada musibah banjir pada 3 tahun belakangan ini,” ucapnya, di Banjarbaru, Jumat (10/3/2023).

Lanjut, Ia menjelaskan, dalam memperbaiki sektor pertanian ada beberapa hal yang harus dilakukan, salah satunya pengerukan sungai, agar pengairan pada pertanian dapat lebih baik lagi.

Maka dari itu, untuk memperbaiki sektor pertanian harus dilakukan bersama-sama, seperti Balai Wilayah Sungai dan PU Perairan yang diharapkan dapat membantu produktifitas pertanian di Kalsel dapat meningkat.

“Karena yang dibutuhkan oleh IKN kurang lebih 200-300 ribu ton padi, yang akan disuplai dari Kalsel. Jadi kita harus maksimalkan sektor pertanian,” terangnya. MC Kalsel/usu.

Mungkin Anda Menyukai