Dispar Rencanakan Pembangunan Taman Mini Kalsel di Kiram Park

Kepala Dispar Provinsi Kalsel, Muhammad Syarifuddin. MC Kalsel/Jml

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Kalsel berencana akan membangun miniatur taman mini Kalsel di kawasan Kiram Park, Kabupaten Banjar.

Kepala Dispar Provinsi Kalsel, Muhammad Syarifuddin mengatakan, taman mini Kalsel ini nantinya akan menampilkan kekhasan atau potensi dari pariwisata dan ekonomi kreatif setiap kabupaten/kota.

“Jadi tahun ini kita juga berencana membuat miniaturnya Kalsel, dengan konsep seperti Taman Mini Indonesia Indah. Pembangunannya sendiri rencananya di kawasan Kiram Park, mengingat aksesnya yang dekat dengan bandara,” kata Syarifuddin, Banjarmasin, Rabu (8/3/2023).

Syarifuddin menambahkan, pada prosesnya nanti pihaknya akan membebaskan lahan sekitar 15 hektare dimana masing-masing kabupaten/kota akan mendapatkan lahan seluas satu hektare dan untuk provinsi seluas dua hektare.

“Untuk tahun ini kita susun dulu perencanaannya, lalu pada perubahan anggaran kita akan coba lakukan pembebasan lahan, dan di tahun depan kita mulai pembangunan fisiknya secara bertahap, semoga ini bisa berjalan lancar,” tuturnya.

Terkait dengan anggaran, Syarifuddin mengaku saat ini pihaknya bersama kabupaten/kota masih melakukan perhitungan.

“Untuk anggaran, sementara ini masih dilakukan penghitungan karena pembangunan ini juga melibatkan kabupaten/kota,” ucapnya. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai