Pemprov Kalsel Terus Dukung Kemajuan Olahraga Basket

Dispora Kalsel menggelar Festival Basketball Competition Paman Birin Cup 2023 antar Klub se Kalimantan Selatan di Gor Hasanuddin, Banjarmasin, Kamis (23/2/2023). MC Kalsel/tgh

Festival Basketball Competition Paman Birin Cup 2023 antar Klub se Kalimantan Selatan resmi digelar selama empat hari mulai tanggal 23-26 Februari di Gor Hasanuddin, Banjarmasin dengan memperebutkan total hadiah puluhan juta rupiah.

Pembukaan Basketball tersebut ditandai dengan lemparan bola pertama oleh Gubenrur Kalsel, Sahbirin Noor diwakili oleh Plt Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Provinsi Kalsel, Subhan Nor Yaumil didampingi Kadispora Kalsel, Hermansyah.

Di kesempatannya, Subhan Nor Yaumil mengatakan, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan terus mendukung perkembangan kemajuan olahraga khususnya olahraga bola basket.

“Untuk itu, Pemprov Kalsel melalui Dispora Kalsel setiap tahunnya mengadakan even tersebut untuk mencari bibit atlet basket yang berprestasi,” kata Subhan

Ia berharap melalui even tersebut dapat terjaring atlet yang berprestasi yang mampu mewakili kalsel pada ajang Pra PON tahun 2023 dan PON 2024 mendatang. 

“Ini sebagai salah satu penjaringan atlet bola basket untuk menuju even nasional nantinya seperti Pra PON dan PON tahun depan,” ungkapnya. 

Sementara itu, Kadispora Kalsel, Hermansyah menambahkan Festival Basketball Competition Paman Birin Cup 2023 diikuti 16 klub basket.

“Jadi ada 16 klub basket yang bakal bertanding. Sistem yang dipertandingkan menggunakan sistem gugur,” kata Hermansyah.

Hermansyah mengatakan pada festival Basketball kali pihaknya juga menggandeng Klub Sunday Morning dan Perbasi Kalsel.

“Kita di bidang pembinaan olahraga tidak selalu hanya dilaksanakan oleh Dispora Kalimantan Selatan, tapi kita juga selalu menggandeng komponen olahraga yaitu induk organisasi olahraganya,” ungkapnya. 

Menurutnya perkembangan olahraga basket di Kalimantan Selatan cukup baik dan banyak yang menyukainya, sehingga diharapkan dapat melahirkan atlet yang berprestasi.

“Kita harapkan dari festival ini mampu melahirkan bibit-bibit atlet basket yang handal dan dapat membanggakan Kalsel di ajang nasional maupun internasional,” pungkasnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai