Pemprov Kalsel Terus Tekan Inflasi Melalui Operasi Pasar

Infografi pelaksanaan Operasi Pasar.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menindaklanjuti rilis Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kalsel tanggal 1 Februari 2023 yang menyebutkan, tingkat inflasi Kalsel pada bulan Januari 2023 mengalami penurunan dari Desember 2022.

Penurunan itu dari 6,99 persen menjadi 6,11 persen, namun masih melebihi tingkat sasaran inflasi dan atau di atas batas deviasi yang ditetapkan oleh pemerintah untuk Tahun 2023.

Pemprov Kalsel melalui Biro Perekonomian bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) terus berupaya untuk menekan angka inflasi di Kalsel, hal ini dengan dilaksanakannya Operasi Pasar di tiga daerah Indeks Harga Konsumen (IHK) yakni Kabupaten Kotabaru, Kota Banjarmasin dan Kabupaten Tabalong.

Kepala Biro Perekonomian Setda Prov Kalsel, Raudatul Jannah melalui Kepala Bagian Kebijakan, Agus Salim menyebutkan pelaksanaan operasi pasar pada Februari 2023 ini dilaksanakan di tiga daerah.

“Untuk di Kotabaru tanggal 15 sampai 17 Februari di Pasar Limbur, di Kota Banjarmasin tanggal 19 sampai 21 Februari di Taman Siring 0 Km, dan Kabupaten Tabalong tanggal 23 sampai 25 Februari di Plaza Umaiyah,” ujar Agus Salim, Kamis (16/2/2023).

Ia menjelaskan, antusias masyarakat Kotabaru cukup tinggi menyambut kehadiran Operasi Pasar yang menghadirkan kebutuhan pokok rumah tangga dengan harga subsidi.

“Antusias masyarakat betul-betul sangat besar, tadi saja kegiatan dalam waktu 2 jam setengah saja sudah habis diserbu masyarakat,” tutupnya.

Komoditi Operasi Pasar disuplai untuk kebutuhan tiga hari seperti beras sebanyak 15 ton per hari. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai