Komitmen Bersama Dispersip dengan Lapas Perempuan Kelas IIA Martapura Tingkatkan Literasi dan Minat Baca

Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani Dardie (dua kanan) menandatangani komitmen bersama dengan Lapas Perempuan Kelas IIA Martapura.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan (Kalsel) kembali menguatkan sinergi dengan sejumlah stakeholder terkait untuk meningkatkan minat baca dan literasi masyarakat Banua.

Kali ini penguatan sinergi tersebut dilakukan dengan Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA Martapura, Kabupaten Banjar yang dibuktikan dengan penandatanganan nota kesepahaman bersama (MoU) yang ditandatangani langsung oleh Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani Dardie dan Kepala Lapas, Lilis Yuaningsih.

Nurliani menuturkan, perjanjian ini sebagai komitmen bersama untuk meningkatkan minat baca warga binaan.

“Ini sudah tahun ke-3 kita bekerja sama, karena memang sasaran kita tidak hanya masyarakat umum, namun juga warga yang sedang menjalani pembinaan,” kata Nurliani melalui siaran pers Dispersip Kalsel, Jum’at (10/2/2023).

Dengan adanya kerja sama ini, lanjut Nurliani, pihaknya diizinkan masuk ke lingkungan lapas, dalam hal promosi literasi ataupun membawa perpustakaan keliling.

“Sebenarnya bukan di sini saja, lapas dan rumah tahanan lain banyak juga kita pinjam pakaikan buku untuk pojok baca perpustakaannya,” imbuhnya.

Nurliani sendiri mengakui bahwa Dispersip Kalsel memiliki sinergi yang baik dengan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalsel, dengan hampir semua lapas ataupun rutan dapat dimasuki untuk membumikan minat baca.

Diketahui, Dispersip Kalsel juga terus gencar melakukan promosi minat baca hingga berbagai pelosok, yang menyasar lembaga pendidikan ataupun instansi. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai